Banser

SAKORNAS BANSER

Banser merupakan singkatan dari Barisan Ansor Sebaguna. Banser adalah tenaga inti Gerakan Pemuda Ansor, yakni sebagai kader penggerak, penggerak, dan pengaman program – program sosial kemasyarakatan Gerakan Pemuda Ansor.

Satuan Koordinasi dibentuk untuk melaksanakan kepemimpinan dalam ruang lingkup kebanseran, pada setiap jenjang organisasi Gerakan Pemuda Ansor. Di tingkat pusat dibentuk Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas), yang dipimpin oleh seorang Kepala Satkornas.

Kepala Satkornas dibantuk oleh dua wakil kepala, dan tujuh asisten dengan bidang tugasnya, yakni

(1) Asisten Informasi dan Komunikasi (Asinfokom).

(2) Asisten Kegiatan (Asgiat).

(3)  Asisten Administrasi dan Personalia (Asminpers).

(4)  Asisten Perbekalan (Askal).

(5)  Asisten Perencanaan, Pendidikan dan Latihan (Asrendiklat).

(6)  Asisten Penelifian dan Pengembangan (Aslitbang).

(7)  Asisten Kerjasama (Asker).

Satkornas Banser juga dilengkapi dengan Satuan Provost, yang memiliki tugas utama membantu pimpinan dalam menegakkan disiplin dan mengawasi kinerja baik saat berdinas maupun di luar dinas agar tidak menyalahi aturan yang ada dan melanggar hokum yang berlaku.

Dalam kerangka menjawab tantangan jaman sekaligus meningkatkan profesionalitas dan optimalisasi potensi kader inti, Satkornas membentuk unit-unit khusus Banser.

PROVOST

Satuan Provost memiliki tugas utama membantu pimpinan dalam menegakkan disiplin dan mengawasi kinerja baik saat berdinas maupun di luar dinas agar tidak menyalahi aturan yang ada dan melanggar hokum yang berlaku.

Satuan Provost terdiri dari Kepala Satprovost, Wakil Kepala Satpas dan beberapa anggota yang ada di semua tingkatan.

BANSER PROTOKOLER

Adalah Satuan Khusus Banser yang mempunyai tugas membantu Satkornas dalam melaksanakan penyusunan program dan urusan yang berkaitan dengan administrasi keprotokolan berupa pengkondisian setiap acara, mengatur pelayanan umum, tata upacara, tata letak, akomodasi serta menjadi penghubung Satkornas dengan institusi di lingkungan GP Ansor, NU dan di luar lingkungan NU.

Banser PROTOKOLER terdiri dari seorang Kepala Satuan Khusus dan Wakil Kepala Satuan Khusus dan beberapa anggota yang direkrut melalui seleksi dan pendidikan khusus.

SAKA BANSER KEPANDUAN

Adalah Satuan Khusus Banser yang mempunyai tugas membantu Satkornas dalam melaksanakan pengkaderan, pengembangan hubungan kerja sama kepanduan, dan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dalam kondisi darurat, seperti bencana alam, kebakaran, dll.

Saka Banser KEPANDUAN terdiri dari seorang Kepala Satuan Khusus dan Wakil Kepala Satuan Khusus dan beberapa anggota yang direkrut melalui seleksi dan pendidikan khusus.

BANSER LALU-LINTAS (BALANTAS)

Adalah Satuan Khusus Banser yang mempunyai tugas membantu aparat sebagai penyelengga dan pembina fungsi ketertiban lalu lintas, di antaranya meliputi pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli, pendidikan masyarakat dan rekayasa lalu lintas guna memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Banser Lalulintas (BALANTAS) terdiri dari seorang Kepala Satuan Khusus dan Wakil Kepala Satuan Khusus dan beberapa anggota yang direkrut melalui seleksi dan pendidikan khusus.

BANSER PEMADAM KEBAKARAN (BALAKAR)

Adalah Satuan Khusus Banser yang mempunyai tugas pokok membantu pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud satuan khusus ini mempunyai fungsi pelaksanaan dan pemeliharaan pengelolaan peralatan, kendaraan dan perlengkapan pemadam kebakaran; pelaksanaan kegiatan Pemadam Kebakaran; pelaksanaan kerjasama dengan instansi Pemerintahan maupun swasta yang berkaitan dengan alat pemadam kebakaraan, pengelolaan kegiatan penatausahaan, dan pelaporan kepada Satkornas.

Satuan Khusus Banser Pemadam Kebakaran (BALAKAR) terdiri dari seorang Kepala Satuan Khusus dan Wakil Kepala Satuan Khusus dan beberapa anggota yang direkrut melalui seleksi dan pendidikan khusus.

BANSER TANGGAP BENCANA (BAGANA)

Bagana atau Barisan Ansor Tanggap Bencana adalah perangkat organisasi Gerakan Pemuda Ansor dan Banser sebagai wadah untuk melakukan aksi-aksi sosial kemanusiaan penanggulangan bencana. Bagana terdiri dari para relawan kader Gerakan Pemuda Ansor yang memiliki kepedulian dan kecakapan khusus dalam penanggulangan bencana.

Tugas Bagana

  • merencanakan, mempersiapkan dan mengamalkan cita – cita perjuangan Gerakan Pemuda Ansor serta menyelamatkan dan mengembangkan hasil – hasil perjuangan yang telah dicapai.
  • Melaksanakan program sosial kemanusiaan dalam kerangka penanggulangan bencana sejak masa kesiagaan, mitigasi, tanggap darurat, rehabilitasi, rekonstruksi hingga pemulihan akibat bencana.
  • Menciptakan sumber daya manusia yang peduli terhadap bencana dan melestarikan sumber daya alam.

Sebagai relawan penanggulangan bencana, Bagana berkewajiban untuk melakukan kegiatan penaanggulangan, taat peraturan dan prosedur kebencanaan yang berlaku, menjunjung tinggi azas dan prinsip kerja relawan, memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan, meningkatkan kapasitas dan kemamapuan, serta menyediakan waktu untuk melaksanakan tugas kemanusiaan.

Selain kewajibab, relawan Bagana juga berhaak untuk mendapatkan pengakuan atas peran dan tugasnya sesuai dengan keterampilan dan keahliannya, mendapatkan pengetahuanm tentang menanggulangan bencana, dan berhak untuk mengundurkan diri sebagai relawan.

Kegiatan Bagana mencakup penanggulangan bencana, sosial kemasyarakatan, pembangunan dan bingkai pengurangan risiko bencana sesuai dengan arus utama penanggulangan bencana di Indonesia yang termaktub dalam UU No. 24 tahun 2007.

Pengerahan Bagana bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara mandiri atau atas permintaan pemerintah.

BANSER DENSUS 99 (ASMAUL HUSNA)

Detasemen Khusus (Densus) 99 adalah salah satu pasukan khusus Barisan Ansor Serbaguna yang bertugas mengamankan program – program keagamaan dan sosial kemasyarakatan.

Densus 99 Asma’ul Husna dibentuk sebagai wujud partisipasi Gerakan Pemuda Ansor terhadap negara dalam menghadapi tantangan global dan upaya memerangi radikalisme agama dalam berbagai bentuk.

Densus 99 Asma’ul Husna bertugas menjaga, memelihara, dan menjamin keamanan dan kenyamanan setiap warga negara dalam menjalankan agama dan kepercayaannya terutama amaliah keagamaan Nahdlatul Ulama.

Dalam menjalankan tugasnya, Densus 99 Asma’ul Husna wajib melakukan pencegahan terhadap berbagai upaya yang mengarah pada kekerasan atas nama agama, dan wajib memberi rasa aman dan nyaman kepada seluruh warga negara dalam menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya sesuai amanat UUD 45.

Densus 99 Asma’ul Husna adalah bagian dari satuan khusus Banser yang memiliki kualifikasi disiplin, dedikasi, ketahanan fisik dan mental, penuh daya juang dan dapat mewujudkan cita-cita GP Ansor dalam upaya mencapai kemaslahatan umum (maslahah ‘ammah).

Densus 99 Asma’ul Husna di bawah koordinasi Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Kasatkornas, dan Kasatkorwil Banser.

BANSER HUSADA

Merupakan perangkat organisasi Gerakan Pemuda Ansor dan Banser sebagai wadah untuk melakukan aksi-aksi sosial kemanusiaan di bidang kesehatan.

Tugas

  1. Merencanakan, mempersiapkandanmengamalkancita-citaperjuanganGerakanPemudaAnsorsertamenyelamatkandanmengembangkanhasil-hasilperjuangan yang telah di capai.
  2. Melaksanakan program sosial kemanusiaandalamkerangkakesehatan untuk jaya Indonesia.
  3. Menciptakansumberdayamanusia yang peduliterhadapkesehatan, dan keselamatan masyarakat beserta sistem kesehatannya sehingga muncul jiwa kesukarelawanan.

Kewajiban

  1. Melakukankegiatanpembinaandanpelatihan kesehatan bagi kader GP Ansor dan masyarakat umum.
  2. Mentaatiperaturandanprosedur kesehatan dan keselamatan sosial masyarakat.
  3. Mempunyaibekalpengetahuandanketrampilan pertolongan dalam kesehatan disemua tempat, mampu memposisikan diri sebagai relawan BASADA disetiap tingkat pelayanan kesehatan masyarakat.
  4. Meningkatkankapasitasdankemampuan dibidang kesehatan.
  5. Menyediakanwaktuuntukmelaksanakantugassosial terutama dibidang kesehatan.

Adalah Satuan Khusus Banser yang terdiri dari para kader Banser yang memiliki kompetensi dan kepedulian terhadap bidang kesehatan masyarakat.

BANSER MARITIM

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor