GP Ansor Kabupaten Batang

Siasat Menghadapi Tantangan

Batang adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten berada di antara Pekalongan dan Kendal. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 788,65 Km² dan populasi penduduk 827.685 jiwa. Kabupaten ini terdiri dari 15 kecamatan, yang mencakup 239 desa dan 9 keluarahan.

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Batang adalah salah satu Pimpinan Cabang Terbaik. GP Ansor Batang adalah salah satu dari enam nominee Anugerah Pimpinan Cabang Terbaik, yang diumumkan pada Peringatan Harlah ke-80 Tahun GP Ansor.

Penghargaan ini merupakan bagian dari apresiasi terhadap kerja keras dan kinerja perjuangan PG Ansor di tingkat Pimpinan Cabang, sekaligus agar menjadi inspirasi bagi cabang yang lain untuk berperan lebih baik. Penilaian dilakukan obyektif atas pelaksanaan program organisasi, mencakup pengembangan majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor, program kaderisasi, penguatan struktur hingga tingkat ranting, pengembangan Banser, pendirian amal usaha LKP dan LKMS, dan kegiatan lain.

GP Ansor Kabupaten Batang memiliki 15 PAC dan 215 ranting yang aktif.  Kepengurusan di bawah kepemimpinan Umar Abdul Jabar, S.Ag, M.Pd dilantik pada 29 November 2013. Namun, GP Ansor Batang telah memiliki rentetan panjang kegiatan.

Pembukaan kegiatan Rijalul Ansor dilakukan berbarengan dengan momentum pelantikan pengurus, dilanjutkan Parade Rebana se-Kabupaten Batang, Lomba Akreditas Masjid, hingga Pengamanan Natal.

GP Ansor Batang mengungkapkan sejumlah tantangan yang dihadapi, seperti luasnya wilayah, memahamkan aqidah ahlussunah waljamaah terhadap kalangan pemuda, terbatasnya sumber daya manusia, sumber pendanaan, dan eksistensi lembaga Ansor yang berwibawa.

Untuk itu, PC Ansor Batang melakukan pembagian wilayah kerja terhadap pengurus cabang, menghidupkan Rijalul Ansor melalui Lomba Rebana dan Akreditasi Masjid, dan Radio Nuansa FM, PKD dan membentuk Koperasi Mitra Sahaja, hingga pelatihan berwirausaha melalui koperasi, Bimbingan Pasca Ujian Nasional Pesantren Kilat (BPUN Sanlat). (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Batang (2013—2017)

Ketua: Umar Abdul Jabar, S.Ag, M.Pd
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab Banser:

Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 9 Batang
Telpon: –
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

(Update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor