GP Ansor Kabupaten Brebes

Pesan Menjadi Kader Bersantan

Brebes adalah kabupaten di wilayah paling barat Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang terkenal dengan pertanian bawang merah ini memiliki luas wilayah 1.902,37 km² dan jumlah penduduknya sekitar 1.732.719 jiwa. Secara administratif, Kabupaten Brebes terdiri atas 17 kecamatan dan mencakup 297 kelurahan / desa.

GP Ansor di Kabupaten Brebes cukup eksis. Satu ketika Ki Dalang Enthus Susmono memberi pesan penting buat kader-kader GP Ansor di kabupaten ini. “Ambillah pelajaran dari buah kelapa,” kata tokoh Banser itu. Pohon kelapa bisa hidup di mana-mana, dan multiguna. Buahnya juga menghasilkan santan, sari pati buah yang dihasilkan dengan proses panjang dan berliku.

Sesuai sifat dasar sebagai penolong, GP Ansor Brebes berupaya mencetak kader yang berani berjibaku mendarmabaktikan seluruh hidupnya untuk ulama, untuk para pemimpinnya. Proses panjang menjadi santan tak selalu mengenakkan. Buah harus dipetik dengan memanjat di ketinggian. Kadang harus dipancal (didorong pakai kaki), dan jatuh. Dikuliti, dikupas, lalu diparut. Kemudian diperas dan direbus.

Kader Ansor tak boleh jengah dengan berbagai tantangan keras untuk menghasilkan santan. Kalau siap, jadilah kelapa yang siap menjadi santan. Saripati itu adalah akhlak yang mulia yang harus dijaga. Dan akhlak itu dimiliki oleh kiai, ulama dan pemimpin yang adil. Ansor Brebes siap merapatkan barisan menjaga kiai dan pemimpin yang adil, agar umat menjadi lebih maslahat selamat dunia akherat.

Untuk mencetak kader-kader “bersantan”, GP Ansor Brebes tiada henti menata organisasi dan menggencarkan pengkaderan, seperti PKD Ansor dan Diklatsar Banser. “Untuk menciptakan kader-kader penerus yang  militan dalam memperjuangkan aqidah ahlusunah wal jama’ah annahdliyah“.

Ketua Pengurus Cabang Jamiyah Rijalul Ansor Kabupaten Brebes H Abdullah Faqih Maskumambang bertekad memperkuat akhlak Pemuda Brebes dengan sentuhan keimanan melalui pengajian rutin. Pengajian rutin dilakukan setiap minggu di ranting-ranting Ansor secara bergilir maupun secara periodik di tingkat anak cabang dan cabang. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Brebes

Ketua: Ahmad Munsip Maksudi, Spdi

Sekretaris:

Bendahara:

Kasatkorcab Banser: Moh. Ikhwan HMS

Alamat: Gedung PCNU Jl Yos Sudarso No 36 (Kompleks Islamic Center). 52251

Telpon: –

Email: –

Facebook:

Twitter: –

Website:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor