GP Ansor Kabupaten Bandung

Momentum Kebangkitan dan Restu Orang Tua

Kabupaten Bandung beribukota di Soreang. Kabupaten ini berbatasan dengan Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Sumedang di sebelah utara; berbatasan dengan Garut dan Cianjur di sebelah selatan; Kabupaten Bandung Barat di sebelah barat; dan Kabupaten Garut di sebelah timur. Kabupaten Bandung memiliki luas wilayah 1.762,39 km2, dengan populasi penduduk 4.069.872 jiwa (2015). Secara administratif, Kabupaten Bandung terdiri atas 31 kecamatan, yang dibagi lagi menjadi 277 desa dan kelurahan (pascapemekaran).

Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bandung menggelar Konferensi Cabang XV pada Ahad (18/01/2015) di Ponpes Al-Harus Andir, kecamatan Baleendah. Konfercab yang dihadiri oleh peserta utusan dari 25 Pimpinan Anak Cabang ini mengantarkan terpilihnya Hasan Basri sebagai Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bandung untuk masa khidmat 2015—2019. Proses pemilihan, adu visi misi dua kandidat, hingga voting suara berlangsung seru.

Dalam pidato pertamanya, Hasan mengatakan bahwa Konfercab XV harus menjadi momentum kebangkitan GP Ansor Kabupaten Bandung. Langkah pertama yang akan dilakukan Hasan adalah konsolidasi, baik itu diinternal maupun eksternal. Akan tetapi, sebelum hal itu dilakukan, hal yang paling penting adalah sowan (meminta restu) kepada para orang tua, termasuk para kiai NU, para pengurus NU dan sesepuh pondok pesantren di wilayah Kabupaten Bandung. GP Ansor Kabupaten Bandung tidak ingin tidak mendapatkan restu mereka.

Menurut Hasan, organisasi perlu memberi tekanan untuk urusan ekonomi melalui jalur gerakan sosial. Jangan kaum muda yang sadar akan aktivitas sosial ini sibuk fesbukan, sibuk kongkow di café sementara kaum fakir miskin terlunta-lunta, susah hidup di era makmur. Itu namanya dzalim.

GP Ansor menghimpun para aktivis muda untuk bertindak dengan mengumpulkan korban PHK untuk disampaikan kepada kementerian tenaga kerja agar disikapi. Potensi ekonomi untuk warga bawah dari korban PHK dan pengangguran juga sudah dipetakan. Misalnya, di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat terdapat banyak lahan tidur tak tergarap. Ada juga banyak potensi air yang bagus di suatu tempat tapi di tempat lain kekeringan. Hal tersebut perlu dibuat gerakan kerja bersama semacam padat karya supaya selain tumbuh ekononi dari pekerjaan, juga sekaligus mengatasi masalah kekeringan.

Sementara itu, di kelurahan Jelekong Kecamatan Bale Endah, terdapat kreativitas pemuda dalam seni lukis. Ini termasuk industri kreatif karena di sana terdapat ratusan potensi seni yang bisa menumbungkembangkan ekonomi. Tetapi selama ini, belum optimal pemasarannya, selain juga perlu ditingkat mutu produksinya.

Pemetaan potensi seperti itu tidak mungkin mengandalkan pemerintah. Masyarakat sendiri yang harus aktif. Dan masyarakat bisa aktif jika ada motor penggerak yang sadar untuk menjebatani jejaring.  Agar program negara tidak menggantung dan cepat menyentuh sasaran, GP Ansor terlibat secara aktif. Gerak cepat dan berhimpun dengan siapapun yang merelakan diri waktunya. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bandung (2015—2019)

Ketua: Hasan Basri
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab:

Alamat:
Telpon: –
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor