GP Ansor Kabupaten Banyuwangi

99 Khatib untuk 1001 Masjid

Banyuwangi adalah kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda, dan berbatasan dengan Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan serta Jember dan Bondowoso di barat.

Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus terluas di Pulau Jawa, yakni mencapai 5.782,50 km2, atau lebih luas dari Pulau Bali (5.636,66 km2). Di pesisir Banyuwangi, terdapat Pelabuhan Ketapang, yang merupakan perhubungan utama antara pulau Jawa dengan pulau Bali (Pelabuhan Gilimanuk). Banyuwangi terdiri dari 24 kecamatan, dan terbagi lagi menjadi 189 desa dan 28 kelurahan.

Pengurus GP Ansor Kabupaten Banyuwangi masa khidmat 2012-2016 di bawah pimpinan Syukran Makmun Hidayat dilantik pada Jumat (5/4/2012) di Pesantren Darussalam, Blogagung, Tegalsari. Seribuan undangan tumplek-blek di halaman pesantren terbesar di Banyuwangi itu. Pada acara pelantikan ini diluncurkan Program Bersama, Ansor Bangkit!

Sebelum pelantikan, GP Ansor Banyuwangi menggelar Halaqatus Syubban 99 Khatib untuk 1001 Masjid di Banyuwangi. Program ini mengajak para pemuda dan masyarakat untuk lebih mencintai masjid. Selain itu, menggelar kajian Islam taswirul afkar untuk memperkuat aqidah ahlussunnah wal-jamaah an-nahdliyyah.

GP Ansor Banyuwangi juga meluncurkan program Dompet Zakat, bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri. Rekening atas nama Dompet Sosial Ansorul Ummah ZAKAT, Rek: 7046-99999-6 Infaq dan sedekah REK: 7056-99999-4.

Berbagai kegiatan pra pelantikan tersebut merupakan bagian dari program prioritas Ansor berikutnya yang berorientasi pada penguatan ideology ahlussunnah wal-jamaah an-nahdliyyah.

Setelah dikukuhkan GP Ansor Banyuwangi segera membentuk majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor, sebagai bentuk upaya merevitalisasi dan menjaga tradisi ajaran ahlussunnah wal Jamaah, Minggu (25/10/2015). Lembaga ini diharapkan akan membawa kesejukan dan menjadi perekat kebersamaan antara Ansor dan masyarakat. Meski baru dikukuhkan, Rijalul Ansor Banyuwangi sudah roadshow pengajian di sejumlah kecamatan.

Di Banyuwangi, euforia perayaan Hari Santri Nasional diwujudkan GP Ansor dengan menggelar apel akbar dan kuliah umum bertema “Resolusi Jihad” di gedung Wanita, Banyuwangi, Minggu (25/10/2015). Bupati Abdullah Azwar Anas, mengajak para kader untuk melek teknologi. Karena, secerdas dan sekuat apapun dalam bergerak, tanpa didukung pengetahuan teknologi, terutama dalam hal informasi, dipastikan akan tetap ketinggalan dengan yang lainnya.

GP Ansor Banyuwangi pernah menjadi tuan rumah PKL IV PW GP Ansor Jatim di Gedung Wanita Pemda Banyuwangi, Senin (24/12/2015).

Menyikapi kepulangan 17 warga eks-Gafatar, Selasa (26/01/2016), GP Ansor Banyuwangi turut mengawal dan perlindungan, karena kemungkinan mereka akan dikucilkan oleh warga sekitar. Selain itu GP Ansor memfasilitasi pembinaan rohani dan pertobatan, serta meberikan pengetahuan tentang nasionalisme dan keislaman yang rahmatan lil alamin.

Dinamika politik global tak luput dari perhatian GP Ansor Banyuwangi. Seluruh kader diminta tidak terpengaruh pada isu konflik Timur Tengah. Karena disinyalir terdapat konspirasi asing untuk memecah belah umat muslim Nusantara, juga dunia.

Kader Ansor harus tetap berfikir jernih dan bersatu untuk menciptakan suasana kondusif di daerah masing–masing, serta aktif berperan dalam pembangunan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. “Awas, kita harus waspada,” ujar Makmun dalam workshop GP Ansor di Wisma Atlit, Minggu (20/09/2015).

Kepedulian kader terhadap organisasi terbilang tinggi. Sabtu (16/4/2016), Seluruh Pimpinan Anak Cabang Banyuwangi mendatangi sekretariat PW GP Ansor Jawa Timur di Surabaya. Mereka menuntut GP Ansor Jatim lebih jeli mengurus administrasi organisasi. Massa juga meminta PW GP Ansor Jatim bersikap tegas terhadap kepemimpinan cabang Banyuwangi, yang harus segera diadakan Konfercab. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (2012-2016)

Ketua: Sukron Makmun Hidayat
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab:
Rijalul Ansor: Zainal Aris Masruchi -, Rozikin – Muhammad Sururudin

Alamat: Gedung PCNU Banyuwangi. Jln. Achmad Yani 59
Telpon:
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor