GP Ansor Kabupaten Bojonegoro

Wadah Mendidik Anak Muda NU

Bojonegoro adalah kabupaten di Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan Tuban di utara, Lamongan di timur, Nganjuk, Madiun, dan Ngawi di selatan, serta Blora (Jawa Tengah) di barat. Bagian barat Bojonegoro (perbatasan dengan Jawa Tengah) merupakan bagian dari Blok Cepu, salah satu sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia. Bojonegoro memiliki luas wilayah 2.384,02 km2, dengan populasi penduduk 1.472.805 jiwa (2014). Secara administrated, Bojonegoro terdiri dari 28 kecamatan, dengan 420 desa dan 11 kelurahan.

Pengurus Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bojonegoro masa khidmat 2015-2019 secara resmi dilantik pada Sabtu (22/8/2015), sesuai dengan SK PP GP Ansor nomor: 1271/PP/SK-01/VII/2015. Acara pelantikan yang berlangsung di halaman IAI-UNU Sunan Giri, Jalan A. Yani Kota Bojonegoro, ini dirangkai dengan pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser serta pemberian penghargaan kepada 7 orang tokoh. Saat acara pelantikan, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Tanggap Bencana dan Banser Densus 99 Antiteror melakukan unjuk kebolehan.

Diklatsar akan digelar di Tirtawana Dander selama 2 hari Sabtu-Ahad (22-23/8/2015). Adapun 7 tokoh yang mendapatkan penghargaan H. Anas Yusuf, dr. Kholid Ubed, Sp., PD., Drs. Syaifuddin Asyhari, M.Pd., H. Muslih Fattah, SH, M.Hum., Komandan Kodim 0813 Bojonegoro Letkol Donova Tri Pamungkas, Ahmad Sunjani, dan Anam Warsito.

Sebelum dilantik, pasca konferensi cabang, GP Ansor Bojonegoro di bawah pimpinan ketua terpilih Abdulloh Faizin telah melakukan sejumlah kegiatan, seperti pembentukan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor. Di olah raga, lembaga yang membawahi klub sepak bola PSBS Bintang Sembilan, yakni salah satu club sepak bola yang dimiliki GP Ansor, sekarang berada pada kompetisi Divisi Utama Askab PSSI Bojonegoro. Kegiatan eksternal lain seperti mengikuti kaderisasi PW Ansor Jawa Timur dan mengawal pengamanan Muktamar NU 33 di Jombang.

Rapat kerja dilakukan di cafe & resto Joglo Bojonegoro, Sabtu (27/6/2015). Seratus pengurus hadir dalam raker ini. Selain merumuskan program kerja, kegiatan ini diisi dengan istighosah dan buka puasa bersama. Harapannya, ikatan emosional pengurus semakin kuat, saling mengenal dan bersama-sama bekerja untuk Ansor demi memperkuat banom dan kader NU se-Kabupaten Bojonegoro. GP Ansor Bojonegoro akan mewadahi dan mendidik pemuda NU, supaya tidak menjadi Islam radikal.

Beberapa kegiatan GP Ansor di Kabupaten Bojonegoro

  • Obor (Obrolan Bareng Ansor)

Ini adalah forum kajian rutin serta diskusi. Pada Jumat (5/2/2016), PAC GP Ansor Gayam mengangkat tema diskusi bertema Mengupas Ektrimisme Faham Wahabi. Bertempat di masjid al-Muttaqin, Dusun Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam.

  • Diklatsar

GP Ansor Bojonegoro menggelar acara pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) di Taman Tirtawana Dander selama 3 hari Jumat-Ahad(18—20/1/2013). Kegiatan ini diikuti 250 personil, dengan materi meningkatkan kemampuan, pelatihan fisik, pendidikan ideologi NU. Selain itu dirangkai dengan kegiatan donor darah dan bakti masyarakat

  • PKD & Workshop Deradikalisasi Agama

GP Ansor Kab Bojonegoro menggelar workshop Deradikalisasi Agama dan Pelatihan Kader Dasar (PKD) di aula Balai Latihan Kerja (BLK) bjonegoro, Sabtuk (26/12/2015). Acara ini diikuti oleh 100 kader muda NU. Sebagai organisasi pemuda dan banom di bawah NU, GP Ansor harus mampu meneruskan dan melestarikan Islam ahlussunnah waljamaah yang kaya toleransi dan tidak radikal.

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor(2015–2019)

Ketua: Abdulloh Faizin
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab:
Lembaga Idiologi: Su’udin Aziz

Alamat: Jalan Ahmad Yani No 14 Bojonegoro.
Telpon: (353) 883637
Email: bojonegorokab@ansorjatim.org
Facebook: –
Twitter: –
Website:

(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor