GP Ansor Kabupaten Bondowoso

Merah Putih di Gunung Magersari

Bondowoso kabupaten di Jawa Timur. Ibu kota kabupaten Bondowoso berada di persimpangan jalur dari Besuki dan Situbondo menuju Jember. Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu kabupaten yang tidak memiliki wilayah laut (terkurung daratan) dan terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.Bondowoso  memiliki luas 1.560,10 km2 dengan populasi 736.772 jiwa (2003). Secara administratif, Bondowoso terdiri dari 23 kecamatan, yang terbagi lagi menjadi 209 desa dan 10 kelurahan.

Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bondowoso menggelar Konferensi Cabang IX pada Selasa—Rabu (10-11/3/2014), yang mengantarkan terpilihnya Muzammil sebagai ketua untuk masa khidmat 2014—2016), menggantikan Miftahul Huda.

Muzammil dan jajarannya dilantik pada Senin (19/1/2015). Bertempat di Aula Gedung Olah Raga (GOR) Pelita, acara ini dihadiri oleh jajaran PW GP Ansor Jatim, Ketua PCNU Bondowoso KH Abdul Qodir Syam, Asissten 1 Sekda Wawan Setiawan mewakili Bupati, Dandim 0822 dan Jajaran Polres Bondowoso serta beberapa organisasi kepemudaan di Bondwoso.

PW GP Ansor meminta agar jajaran pengurus baru menitikberatkan pada kaderisasi yang militan serta penertiban organisasi. Ada 3 kewajiban pengurus, yakni segera membuat lembaga mikro keuangan syari’ah (LKMS), membuat lembaga kursus dan pelatihan (LKP), serta membuat Majelis Dzikir Rijalul Ansor untuk membudayakan sholawat sebagai media perekat dan silaturrahim kader. Sudah saatnya Ansor bergerak ke sektor ekonomi, agar bisa bersaing dengan organisasi lain tanpa melupakan pengkaderan.

Muzammil berjanji untuk melaksanakan amanat tersebut. Dia mengakui bahwa kepengurusan sebelumnya lemah dalam pengakaderan internal. Sehingga hal ini yang akan menjadi prioritas pengurus baru. Ini sekaligus untuk menghadapi berbagai tantangan ke depan, termasuk paham radikalisme.

Dia akan memanfaatkan bulan Februari 2015 ajang konsolidasi, ketika semua pimpinan anak cabang akan melakukan konferensi. Terlebih, GP Ansor Bondowoso dalam tahun pertama kepengurusannya mendapat mandat merekrut 1.000 kader. (f)

Beberapa Agenda GP Ansor Bondowoso

  • Menjaga Gereja

Kegiatan ini sudah dilakukan secara rutin sejak 2011. Pada 2014, sebanyak 200 anggota Banser Bondowoso, dibekali dengan ilmu tenaga dalam untuk melakukan penjagaan gereja saat umat Kristen melakukan ibadah. Ilmu tenaga dalam untuk jaga-jaga saja  karena Banser tidak boleh memiliki senjata. Tenaga dalam dirasa cukup sebagai pengganti senjata api atau senjata tajam.

  • Turba Ingatkan PAC Kadaluarsa

Agenda turba (turun ke bawah) dilaksanakan di wilayah 2, di antaranya Kecamatan Cermi, Kecamatan Botolinggo, Kecamatan Klabang, dan Kecamatan Prajekan dalam rangka halal bihal dan meningkatkan soliditas pimpinan anak cabang (PAC) dan pimpinan ranting GP Ansor. Dalam kegiatan di kantor MWCNU Botolinggo, Jl Pancur Desa Lumutan, Selasa (19/8/2015), diingatkan kepada PAC GP Ansor yang telah habis periode kepengurusannya untuk menggelar konferensi. Kader juga diminta aktif mengikuti kegiatan bulanan Majelis Zikir dan Sholawat Rijaul di kantor PC GP Ansor Bondowoso.

  • Merah Putih di Puncak Gunung Megasari

Dalam merayakan rangka HUT RI Ke-70 tahun, Ansor Bondowoso kibarkan Bendera Merah Putih Ukuran Besar di puncak Gunung Megasari sempol Bondowoso, Rabu (19/8/2015). Gunung Megasari dengan perbukitannya dan Kawah Wurung memiliki pesona yang digadang-gadang menjadi andalan baru destinasi wisata, selain Kawah Ijen.  Selain bisa menikmati sunrise, lokasi Megasari dinilai sangat bagus untuk industri pariwisata berbasis olahraga dirgantara. Sementara Kawah Wurung cocok jadi tempat pendidikan dan latihan penerbangan siswa.

  • Seminar Wawasan Kebangsaan

Paket kegiatan yang merupakan hasil kerja sama dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bondowoso akan dilaksanakan di setiap PAC GP Ansor se-Bondowoso, dimulai Rabu 23 Maret hingga April 2016. Tempatnya bisa di balai desa, mushola atau masjid setempat. Tujuannya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan para pemuda NU.

  • Diklatsar I Banser

GP Ansor Kabupaten Bondowoso menggelar Diklatsar Banser pertama kali pada kepengurusan 2014-2018 dengan tema “Meneguhkan Kesetian Benteng Ulama sebagai Minifestasi Cinta Nabi Muhammad SAW dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.
Kegiatan berlanngsung di Lahan Hutan Perhutani Jl. Gunung Purnama Desa Tanggulangan, Kecamatan Tegalampel, Sabtu-Minggu (9—10/1/2016) tersebut diikuti 46 orang dari 20 Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Kabupaten Bondowoso.

  • Rakercab II

Rapat Kerja Cabang (Rakercab) II digelar di Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Koncer Darul Aman Jl KH Abd Mu’iz Tr, Desa Koncer Darul Aman, Kecamatan Tenggarang, Sabtu (5/3/2016). Raker ini untuk mengevaluasi program yang sudah berjalan dan untuk merumuskan serta mempertajam agenda program ke depan agar berjalan dengan baik.
Rakercab II bertema ‘Revatalisasi peran Pemuda Ansor dalam proses Pembangunan menuju Masyarakat Bondowoso Beriman, Berdaya dan Bermartabat’ ini ikuti 23 utusan PAC se-Bondowoso.

Salah satu agenda ke depan di antaranya akan terus mengawal Aswaja (ahlus sunnah waljamaah) dan akan membuat program ToT Aswaja (training of trainer ahlussunnah waljama’ah). Program itu akan masuk pada wilayah guru ngaji di pinggiran. GP Ansor Bondowoso tidak mau terjebak pada wilayah musiman, seperti pilkada, pilpres ataupun pileg.

  • Rijalul Ansor

GP Ansor Kabupaten Bondowoso meresmikan pendirian Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Bondowosa di Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Koncer Darul Aman Jl KH Abd Mu’iz Tr Desa Koncer Darul Aman Kecamatan Tenggarang, Sabtu (5/3/2016).

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Bondowoso (2014—2018)

Ketua: Muzammil
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab:

Alamat: PCNU Jl. KH. Agus Salim No. 85 Belindungan
Telpon:
Email: –
Facebook: –
Twitter: – @Ansor_Bondowoso
Website:

(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor