GP Ansor Kabupaten Demak

Tiga Spirit Membangkitkan Pengkaderan

Demak adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat, Jepara di utara, Kudus di timur, Grobogan di tenggara, serta Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di sebelah barat. Demak dengan luas wilayah 897,43 km² berpenduduk 1.055.579 jiwa (2010). Kabupaten ini terdiri atas 14 kecamatan, dan dibagi lagi atas 243 desa dan 6 kelurahan.

GP Ansor Demak dipimpin oleh Dr H Abdurrahman Kasdi Lc MSi untuk periode kepengurusan 2013- 2018. Abdurrahman Kasdi yang biasa disapa Kang Dur mengatakan aktif di Ansor merupakan pengabdian, karena secara profesi dia sudah mapan sebagai dosen dan setelah menyelesaikan S3 (Doktor), dia mendapat amanah menjadi Direktur Pascasarjana STAIN Kudus.

Menurut penuturannya, aktivitas di Ansor merupakan implementasi pengabdian yang juga merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang selama ini digelutinya. Baginya, lembaga di bawah naungan NU diharapkan menjadi supplier SDM, sehingga kaderisasi perlu ditingkatkan baik frekuensi pelaksanaannya maupun substansi pengkaderannya.

Dalam konteks ini, ketika seseorang aktif maka diharapkan menjadi SDM yang andal dalam segala profesi dan menjadi inspirasi bagi institusi, lembaga, dan tempat manapun ketika dia beraktivitas. “Hal ini sejalan dengan pendidikan karakter yang digalakkan oleh dunia pendidikan, maka karakter terbaik muncul dalam jiwa kader-kader Ansor ketika ia bekerja dan beraktivitas.”

Dalam pandangannya, ada tiga ruh yang membangkitkan agenda kaderisasi Ansor di masa yang akan datang, yakni dengan mengambil spirit Nahdlatul Wathan, kemudian spirit Tashwirul Afkar dan ruh Nahdlatul Tujjar. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Demak

Ketua: Dr. H. Abdurrahman Kasdi, Lc. MSi
Sekretaris:
Bendahara
Kasatkorcab: Musta’in

Alamat: Gedung PCNU. Jl Soekarno-Hatta No 299, Kendal. 51313
Telpon: 0294-5740671
Email: rahman252@yahoo.co.id
Facebook: –
Twitter: @abdurrahman_dur
Website: http://banserdemak.blogspot.co.id

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor