GP Ansor Kabupaten Garut

Menuntaskan Struktur Hingga Tingkat Desa

Kabupaten Garut ibukotanya adalah Tarogong Kidul. Kabupaten ini berbatasan dengan Sumedang di utara, Tasikmalaya di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Cianjur dan Bandung di barat. Kabupaten Garut memiliki wilayah seluas 3.065,19 km2, dengan penduduk 2.429.167 jiwa (2007). Secara administratif, kabupaten ini terbagi atas 42 kecamatan, yang meliputi 21 kelurahan dan 424 desa.

Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Garut menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) XII pada Rabu (14/11/2012). Bertempat di Pesantren Al-Musaddadiyah, forum ini secara aklamasi memilih H. Subhan Fahmi, sebagai Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Garut untuk masa khidmat 2012–2016, menggantikan Aceng Amrulloh, S.Ag, M.Pd.I.

Konfercab bertemakan Revitalisasi Peran Ansor Sebagai Benteng Ulama dan Bangsa tersebut diikuti oleh 38 Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor yang ada di Kabupaten Garut. Sebanyak 600 undangan hadir diacara ini.

Pembenahan organisasi di tingkat internal merupakan salah satu agenda prioritas yang akan dilakukan dalam kepengurusan GP Ansor kabupaten Garut. Pembenahan terutama dilakukan di tingkat Pengurus Anak Cabang (PAC), karena PAC yang terbentuk baru ada 38 kecamatan, adapun 4 lainnya yaitu Pamulihan, Leuwigoong, Cibalong dan Banjarwangi belum terbentuk.

Pembenahan ditargetkan selesai pada akhir 2013. Dengan hitungan program ini satu tahun penuh bisa dilaksanakan dan selesai, struktur pengurus sudah harus sampai ke tingkat desa atau ranting di seluruh wilayah Kabupaten Garut.

Dengan anggota sekitar 10.000 kader, Ansor Garut diharapkan mampu mewarnai percaturan politik di Garut ini, yang notabene dipimpin oleh bupati yang mantan kader Ansor. GP Ansor memang harus bersikap kritis terhadap segala kebijakan pemerintah, terutama kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat kecil, sebaliknya jika program pemerintah prorakyat otomatis akan didukung dan kawal.

GP Ansor Garut termasuk 14 Pimpinan Cabang GP Ansor di Jawa Barat yang mendapatkan bantuan dari Pimpinan Pusat GP Ansor dalam pemberdayaan ekonomi berupa pendirian Baitul Mal Tamwil (BMT), yang murni merupakan lembaga ekonomi milik GP Ansor, dan pengurusnya diisi oleh orang Ansor itu sendiri.

“Program ini diadopsi dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang telah berjalan selama 15 tahun dengan asset yang sudah mencapai milyaran rupiah, nantinya pengurus BMT ini oleh Ex Officio yang diketuai oleh Ketua Bidang Ekonomi di GP Ansor yang nanti kita bentuk,” pungkas Fahmi. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Garut (2012–2016)

Ketua: H. Subhan Fahmi, S.Ip.,
Sekretaris: Asep Khaerudin
Bendahara:
Kasatkorcab: Yudi Nurcahyadi

Alamat: Kantor PC NU Kabupaten Garut, Jl. Pembangunan, Garut.
Telpon: –
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor