GP Ansor Kabupaten Jepara

Menuju Kemandirian dan Kedewasaan Organisasi

Kabupaten Jepara berada di Pantai Utara Jawa. Berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Kabupaten yang terkenal dengan ukiran ini memiliki luas wilayah 10.526 mi² dan berpenduduk: 1,1 juta jiwa (2008). Kabupaten Jepara meliputi 16 kecamatan, dengan total keseluruhan terdapat 195 desa/kelurahan.

Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Jepara sudah mapan. Kiprah di masyarakat juga patut diacungi jempol. Sejak 5 tahun terakhir, Pimpinan Cabang GP Ansor Jepara mencatat sejumlah kemajuan baik dari sisi pembenahan organisasi, sistem kaderisasi, hingga pemberdayaan potensi kader.

Bahkan, GP Ansor Jepare berhasil membangun kemandirian gerakan pemberdayaan ekonomi dengan membentuk Baitulmal Wattanwil (BMT) Aman Utama, pada 29 Juli 2009. Cabangnya tersebar di setiap pimpinan anak cabang (PAC). Dengan demikian, “perekonomian” Ansor dan Banser Jepara dengan sendirinya “dapat” terpenuhi.

Di bawah kepemimpinan M. Kholil, GP Ansor Jepara terus berupaya meningkatkan kinerja organisasi agar mampu menggerakkan roda perekonomian Ansor dan Banser Jepara menuju kemandirian dan kedewasaan dalam berorganisasi.

Di masyarakat, salah satu gerakan GP Ansor Jepara adalah Pangkruk Bersholawat. Tujuannya, untuk menghapus citra negatif wisata kuliner Pungkruk desa Mororejo kecamatan Mlonggo kabupaten Jepara sebagai tempat karaoke dan prostitusi terselubung, Ahad (21/9/2014) siang.

Dengan bershalawat merupakan cara damai memberi pesan penghuni Pungkruk tanpa kekerasan. Pungkruk dulunya bukan tempat karaoke, melainkan wisata pantai dan kuliner khas pesisir. GP Ansor Jepara juga membangun Unit Khusus Banser Tanggap Bencana (Bagana).  (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Jepara (2013-2017)

Ketua: M. Kholil, S.Ag
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab Banser: Sholihin Jr

Alamat: Jl. Pemuda No 45, Jepara.
Telpon: 0291-591387
Email:
Facebook
Twitter:
Website:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor