GP Ansor Kabupaten Karanganyar

Kotak Tabungan di Setiap Pimpinan Anak Cabang

Kabupaten Karanganyar berbatasan dengan Sragen di utara, Ngawi dan Magetan (Jawa Timur) di timur, Wonogiri di selatan, serta Boyolali, Kota Surakarta, dan Sukoharjo di barat. Dengan luas wilayah 800,20 km2, Kabupaten Karanganyar memiliki penduduk 750.000 jiwa (2003). Kabupaten Karangayar terdiri dari 17 kecamatan, dengan total keseluruhan terdapat 177 desa/kelurahan.

GP Ansor Karanganyar menggelar Konfercab terakhir pada Ahad (19/4/2015), yang mengantarkan Suwanto sebagai Ketua Pimpinan Cabang periode (2015-2019), menggantikan Jamaluddin yang telah sukses memajukan GP Ansor di antaranya dengan membangun KJKS Ansoruna dan majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor.

KJKS Ansoruna berdiri pada 2012 dengan modal Rp40 juta. KJKS ini merupakan lembaga perekonomian yang menjadi lalu lintas perekonomian kader Ansor dan masyarakat Karanganyar.

Melalui KJKS ini, GP Ansor Karanganyar memperkenalkan program kotak tabungan di setiap pimpinan anak cabang yang setiap bulan diambil oleh petugas. Program ini sangat diminati. Buktinya, PAC GP Ansor Mojogedang, tabungan dari bisa terkumpul Rp7 juta. Ini baru satu kecamatan. Sedangkan Karanganyar memiliki 12 kecamatan. Dari tabungan ini, para kader secara sukarela menyisihkan hasil tabungannya untuk kas PAC.

GP Ansor Karanganyar juga aktif menghidupkan majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor—yakni lembaga semi otonom yang dibentuk sebagai implementasi Visi Revitalisasi Nilai Tradisi dan Misi internalisasi nilai-nilai ahlussunah wal jamaah (Aswaja) dan sifaturrasul dalam Gerakan Pemuda Ansor.

GP Ansor Karanganyar telah merintis Banser Khusus Tanggap Bencana (Bagana). Pada Sabtu-Ahad (27-28/2/2016), sebanyak 78 kader perwakilan Satkoryon Banser se-Karanganyar mengikuti Pendidikan dan Latihan Khusus (Diklatsus) Bagana. Pendidikan yang berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK) Karanganyar Jalan Tawangmangu Bangsri Karangpandan. Selama 2 hari mereka dibekali materi kebencanaan, strategi dan manajemen penanggulangan bencana, pertolongan lapangan, hingga simulasi air. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Karanganyar (2015—2019)

Ketua: Suwanto
Sekretaris:
Bendahara
Kasatkorcab Banser: Fayakun

Alamat: Pundak Rt 04/VIII Desa Jati, Kecamatan Jaten, Karanganyar.
Telpon: 0271-757575
Email: gpansor.karanganyar@gmail.com
Facebook:
Twitter: –
Blog: http://gpansorkaranganyar.blogspot.co.id/
Website:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor