GP Ansor Kabupaten Karawang

Membangun Struktur Hingga Akar Ranting

Karawang adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan Bekasi dan Bogor di barat, Laut Jawa di utara, Kabupaten Subang di timur, Kabupaten Purwakarta di tenggara, serta Kabupaten Cianjur di selatan. Karawang memiliki luas wilayah 1.737,53 km2, dengan jumlah penduduk 2.125.234 jiwa (sensus 2010). Secara administratif, Karawang terbagi menjadi 30 kecamatan, dengan 309 desa/kelurahan.

GP Ansor Kabupaten Karawang menggelar Konferensi Cabang VIII di Pondok Pesantren Bani Ali, Rengasdengklok, Sabtu (23/3/2013). Forum ini mengantarkan Ade Permana SH, yang sebelumnya menjadi Sekretaris Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Karawang, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua untuk masa khidmat 2013-2017. Ade terpilih setelah mengantongi dukungan dari 24 Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Karawang dan menggantikan Ketua demisioner Emay Ahmad Maehi, SAg.

Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor H. Nurruzzuman mengungkapkan terpilihnya Ade Permana secara aklamasi, adalah kesekian kalinya dari rentetan Konfercab serupa diberbagai kabupaten/kota di Jawa Barat.  Terlepas dari hal itu, Pimpinan Pusat mewacanakan penyelenggaraan konfercab, yang memiliki hak pilih adalah semua ranting. Begitupun konferwil, bukan lagi berbicara pimpinan Cabang yang memilih, melainkan harus semua PAC se- provinsi. Ini telah diberlakukan di Jawa Timur.

Oleh karena itu, GP Ansor Karawang harus mampu membentuk kepengurusan sampai ke tingkat ranting, minimal 75 persen ranting se kabupaten harus terpenuhi. Artinya, jika tidak mampu terpenuhi Pimpinan Pusat tidak akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK).  Ansor sekarang sudah bukan lagi main-main, karena kedepan harus bisa lebih meningkatkan kualitas kader, karena Ansor Karawang harus mampu melahirkan calon pemimpin.

GP Ansor Karawang pun menyanggupinya. Ade Permana meminta dukungan dari PAC untuk mengsukseskan kaderisasi hingga akar ranting. Selanjutnya, PAC harus bisa benahi database para anggota dan lakukan pendataan di setiap kampung-kampung. Mari bekerjasama untuk kemajuan Ansor.

GP Ansor Karawang tercatat menggelar Diklatsar Banser I pada Jumat-Ahad (18–20/4/2015). Bertempat di Pondok Pesantren Al Amin, Desa Pangulah Baru, Diklatsar ini diikuti oleh puluhan peserta.  Diklatsar diharapkan bisa membentuk pribadi banser yang tangguh, kuat di setiap medan. Karawang merupakan salah satu kabupaten tujuan kaum urban, sehingga dibutuhkan Banser yang kreatif dan inovatif untuk bisa memberikan dampak positif atas perkembangan daerah.

Diklatsar Banser II digelar pada pekan ketiga Oktober 2015. Diklatsar kali ini dilaksanakan di Kecamatan Cibuaya. supaya semua wilayah Karawang bisa dijangkau. Sasaran adalah wilayah pesisir utara Karawang. Pasalnya, diklatsar sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Kotabaru.

Selain PKD (pelatihan kader dasar) Ansor, Diklatsar Banser ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan GP Ansor sebagai bentuk kaderisasi formal. Setiap tahun, minimal dilaksanakan dua kali diklatsar. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Karawang (2013—2017)

Ketua: Ade Permana SH
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab:

Alamat: Gedung PCNU Karawang. Jl Dewi Sartika No 43 Karawang
Telpon: –
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor