GP Ansor Kabupaten Kendal

Penguatan Sistem & Kemandiran Kader

Kabupaten Kendal termasuk wilayah Metropolitan Kedungsapur, yang merupakan Metropolitan terbesar keempat setelah Jabodetabek, Gerbangkertosusila, dan Bandung Raya.  Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di timur, Temanggung di selatan, serta Batang di sebelah barat.

Kendal juga dikenal dengan Kota Santri karena terdapat ribuan Ponpes terutama di Kaliwungu dan dikenal dengan Kota Seni dan Budaya. Dengan luas 1.002,23 km2, Kendal memiliki populasi penduduk 900.313 jiwa (2010). Kabupaten ini terbagi dalam 20 kecamatan, dengan total 286 desa/kelurahan.

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Kendal menggelar Konfercab pada Minggu (18/10/2015) di Pondok Pesantren Wasilatul Huda, Taman Gede, Kecamatan Gemuh, yang melahirkan kepengurusan baru di bawah Ketua M. Ulil Amri, menggantikan Wahidin Said.

GP Ansor Kendal memprioritaskan penguatan sistem internal, dan kemandirian organisasi. Hal ini kaitannya dengan penguatan ekonomi. Selain itu menjaga konektifitas dengan pemerintah setempat untuk turut membangun masyarakat sesuai dengan ajaranahlussunah wal jamaah (aswaja).

Di Pilbup Kendal 2015, Ulil menegaskan GP Ansor secara kelembagaan akan tetap netral, meski kader-kadernya secara personal dibebaskan memberikan dukungan kepada salah satu calon. GP Ansor Kendal memiliki anggota lebih dari 5.000 orang, yang tersebar di 20 kecamatan. Selama ini, GP Ansor Kendal secara terus menerus melakukan pengkaderan melalui PKD Ansor dan Diklatsar Banser.

GP Ansor Kendal juga getol menolak gerakan radikalisme, seperti FPI dan ISIS. Selain terlibat aktif menggerakkan kegiatan sosial dan keagamaan, GP Ansor Kendal juga memiliki program BPUN (Bimbingan Pasca Ujian Nasiona)—yakni program fasilitasi bagi kader muda yang mau masuk perguruan tinggi. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kendal (2015—2019)

Ketua: Muhammad Ulil Amri
Sekretaris
Bendahara
Kasatkorcab Banser:

Alamat: Gedung PCNU. Jl. Soekarno Hatta No 299, Kendal. 51313
Telpon: 02914-5740671
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor