GP Ansor Kabupaten Kudus

Ngaji, Ngader, Makaryo. Ngopi Tak Ada

Kabupaten Kudus terletak di jalur pantai timur laut Jawa Tengah antara Kota Semarang dan Kota Surabaya. Kabupaten Kudus berbatasan dengan Kabupaten Pati di timur, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak di selatan, serta Kabupaten Jepara di barat.  Kudus dikenal sebagai kota penghasil rokok (kretek) terbesar di Jawa Tengah dan juga dikenal sebagai kota santri.

Kota ini adalah pusat perkembangan agama Islam pada abad pertengahan. Hal ini dapat dilihat dari adanya tiga makam wali, yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu. Kabupaten Kudus terdiri atas 9 kecamatan, yang dibagi lagi atas 123 desa dan 9 kelurahan. Kudus adalah kabupaten dengan wilayah terkecil dan jumlah kecamatan paling sedikit di Jawa Tengah. Dengan luas wilayah 425,16 km2, Kudus berpenduduk 777.437 jiwa (2010).

GP Ansor Kudus menggelar Konfercab XI di Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo asuhan KH Ahmad Badawi Basyir, Ahad (13/3/2016). Diikuti 9 Pimpinan Anak Cabang dan 88 Pimpinan Rating GP Ansor se-Kabupaten Kudus. H. Muhamad Sarmanto terpilih secara aklamasi sebagai ketua PC GP Ansor Kudus periode 2016-2020.

Dihadapan 500-an kader, Sarmanto menyatakan niatnya untuk Ansor lima tahun ke depan agar dapat mandiri secara ideologi, keorganisasian, dan ekonomi. “Sesuai dengan slogan Ansor, yakni Ngader, Ngaji, dan Makaryo. Ngopi tidak ada,” ujar Sarmanto yang disambut tawa riuh ratusan kader Ansor.

Sarmanto akan mengawal kaderisasi Ansor dengan baik agar nilai-nilai keaswajaan di Kudus tetap kuat. Dari sisi kebijakan publik, dia siap dan mengemban upaya yang sudah digariskan Pimpinan Cabang GP Ansor Kudus periode lalu. Untuk kemandirian ekonomi, GP Ansor Kudus akan membentuk koperasi atau baitulmal wattanwil untuk mendukung ekonomi kader dan kemandirian organisasi.

Selepas konferensi, para kader berziarah ke makan KH Ahmad Basyir yang dikenal sebagai ulama karismatik dan menanamkan jiwa nasionalisme. Ziarah ini dimaksudkan agar kader selalu mengingat dawuh para ulama dalam melangkah.

GP Ansor Kudus menggelar PKD putaran terakhir tahun 2015 pada Jumat-Sabtu (25-26/2015).  PKD ini juga bagian dari momentum memberikan peluang bagi yang selama ini mengikuti PKD tapi belum lulus menurut kriteria instruktur. Target 2016 adalah fokuskan kepada distribusi kader dan kemandirian [ekonomi] kader. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kudus (2016—2020)

Ketua: H. Sarmanto
Sekretaris:
Bendahara
Kasatkorcab Banser:

Alamat: Jln. Pramuka No 20 Kel. Wergu Wetan Kec. Kota Kudus
Telp: 0291-437546
Email:
Facebook
Twitter:
Website:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor