GP Ansor Kabupaten Majalengka

Menyempurnakan Kekuatan Densus99, Mencegah Radikalisme

Kabupaten Majalengka berbatasan dengan Indramayu (utara), Tasikmalaya dan Ciamis (selatan), Sumedang (barat), serta Cirebon dan Kuningan (timur). Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.204,24 km2, dan populasi penduduk 1.204.379 jiwa (2007). Secara administratif, Kabupaten Majalengka terdiri dari 26 Kecamatan, yang terbagi atas 330 desa dan 13 kelurahan.

GP Ansor Kabupaten Majalengka menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) pada Sabtu (11/2/2012). Bertempat di Ponpes Miftahul Huda Rajagaluh, Ahmad Khotib terpilih menjadi Ketua PC untuk masa khidmat 2012-2016.

Ahad (5/10/2014), GP Ansor Majalengka menggelar pleno pembahasan isu gerakan radikalisme dan cara pencegahannya, serta seleksi anggota Densus 99 tahap pertama di lereng Gunung Kandaga, Sindangwangi. Acara yang berlangsung Ahad (5/10) pagi ini dihadiri sekitar 100 orang, termasuk perwakilan Satkoryon Banser se-Majalengka.

Seleksi anggota Densus99 dimaksudkan untuk menyempurnakan kekuatan satuan khusus tersebut dari saat ini 30 personel menjadi 99 personel. Satuan ini dibentuk tidak hanya menjadi pengawal para ulama namun juga membantu aparat untuk mencegah gerakan radikalisme yang tidak sejalan dengan aqidah Ahlussunah wal Jama’ah dan mengancam NKRI.

Senin (10/11/2014) malam, GP Ansor Majalengka memperingati Hari Pahlawan dan Resolusi Jihad NU dengan menggelar tahlil akbar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sawala Kadipaten. Acara melibatkan 200 orang kader Ansor dan Banser.

Ahad  (10/8/2014), GP Ansor Majalengka menggelar Silaturrahim dan Halal Bihalal yang dihadiri jajaran dewan penasihat, mantan ketua cabang,  pengurus cabang dan anak cabang se-Majalengka. Bertempat di sekretariat PAC Ansor Sindangwangi, acara ini berisi pesan untuk memperkuat kaderisasi baik pelatihan kader dasar (PKD) dan dan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser.

Acara ini sekaligus diisi dengan deklarasi penolakan terhadap faham dan gerakan  Islamic State Of Irak and Suriah (ISIS) karena menodai Islam dan merongrong keutuhan NKRI. Diinstruksikan kepada seluruh kader untuk waspada, dan melaporkan hal-hal yang mencurigakan.
Jumat (17/4/2015), Satkorcab Banser Majalengka melaksanakan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) di tingkat wilayah Jawa Barat yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Roudlotul Tholibin desa Cisetu, Rajagaluh. Susbalan bertema Memperkuat Kapasitas Banser Untuk Memperkokoh Bangsa selama 17 – 20 April 2015 ini diikuti 66 peserta.

Pengkaderan harus terus dilaksanakan dan kita butuh Banser karena mampu mengawal kebhinekaan dan mampu menjadi perekat nilai kebangsaan di Indonesia yang masyarakatnya majemuk. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Majalengka (2012-2016)

Ketua: Ahmad Khotib
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab Banser:
Ka Densus 99 Banser: Drs Arifin Muslim

Alamat: Gedung PCNU Kab. Majalengka. Jalan Raya Majalengka-Rajagaluh No 9, Desa Cikalong Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka
Telpon: –
Email: –
Facebook: –
Twitter: @muqollid
Website:

(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor