GP Ansor Kabupaten Pangandaran

Cara Menjaga Multikulturalisme dan Ketentraman

Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis pada 25 Oktober 2012. Ibukotanya adalah Parigi. Kabupaten ini berbatasan dengan Ciamis dan Kota Banjar di utara, Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Tasikmalaya di barat. Kabupaten Pangandaran terdiri atas 10 kecamatan yang terdiri atas 92 desa dan kelurahan.

Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pangandaran menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) I pada Sabtu, 2 April 2016. Di forum ini, Encep Najmuddin terpilih sebagai Ketua PC GP Ansor Pangandaran untuk masa khidmat 2016—2020. Sebelum terbentuk pengurus definitif, GP Ansor Kabupaten Pangandaran dinakhodai caretaker Maskuri Sudrajat

Meski baru menggelar Konfercab I, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan GP Ansor di Kabupaten Pangandaran.  Pada 2013, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, Jawa Barat, menggetarkan lapangan Merdeka dengan shalawat pada Sabtu (22/6/2013) malam bertajuk Pangandaran Lautan Bersholawat. Acara yang menghadirkan Habib Ali Assegaf ini diikuti 5.000 peserta yang khidmat mengikuti shalawat Simtudduror. Di sela-sela shalawat, hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

Jumat (4/3/2016), Gelaran Ansor dan Banser Bersolawat bersama element masyarakat dalam rangka PKD Ansor dan Diklatsar Banser berlangsung penuh hikmat. Acara ini menghadirkan Habib Umar Bafaqih dari Sokaraja yang diiringi oleh Group Hadroh Banser se-Pangandaran, Hidayatus Sholawat, dan Group Hadroh se- Pangandaran. Tujuannya sebagai wujud nyata menjalankan aqidah ahlussunah wal jamaah ala Nahdliyin, yang siap menjaga keutuhan NKRI.

Diklatsar selama 3 hari, Jumat–Ahad (4–6/3/2016), yang dipusatkan di desa Wonoharjo, Pangandaran, dan pantai Batu Hiu, Parigi, tersebut diikuti 250 peserta dari utusan kecamatan di kabupaten ini. Pelatihan ini memberikan motivasi dan kaderisasi pemuda Ansor, sekaligus dalam kerangka menangkal radikalisme yang mulai bermunculan. Generasi muda adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa. Mereka harus memiliki wawasan kebangsaan yang kuat dan berahlak yang baik.

Pemkab Pangandaran mendukung dan membuka diri untuk setiap kegiatan positif Gerakan Pemuda Ansor. “Dengan kegiayan ini, mudah-mudahan dapat membangun karakter generasi muda yang lebih baik, sehingga memiliki jiwa kepemimpinan dan siap menjadi pemimpin masa depan,” kata Asda II Kabupaten Pangandaran Undang Sohbarudin.

GP Ansor juga komitmen untuk menjaga Pengandaran tetap aman tenteram, termasuk menjaga multikulturalisme di Pangandaran. Terlebih, kabupaten ini menjadi salah satu destinasi pariwisata.  “Caranya, kami lakukan dengan pendekatan pengajian, kajian, juga budaya,” kata Maskuri Sudrajat. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pangandaran (2016—2020)

Ketua: Encep Najmuddin
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab:

Alamat:
Telpon: –
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor