GP Ansor Kabupaten Pemalang

Benowo Rescue, Respons Kondisi Geografis

Pemalang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Pekalongan di timur, Kabupaten Purbalingga di selatan, serta Kabupaten Tegal di barat. Kabupaten Pemalang memiliki luas wilayah 996,09 km2, terbagi dalam 14 kecamatan dengan 211 desa dan 11 kelurahan. Populasi penduduknya 1.320.000 jiwa (2003).

Gerakan Pemuda Ansor di Kabupaten Pemalang akhir 2015 menyusun kepengurusan baru di bawah Wahidin Said, sebagai Pelaksana Tugas Ketua. Said berasal dari Kabupaten Kendal kini aktif sebagai Wakil Ketua Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Jateng.

GP Ansor di kabupaten ini aktif menggelar kegiatan pengkaderan melalui PKD (Pendidikan Kader Dasar) Ansor, dan Diklatsar (Pendidikan dan Latihan Dasar) Banser. Ansor Pemalang juga aktif menggerakkan majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor– sebagai implementasi Visi Revitalisasi Nilai Tradisi dan Misi internalisasi nilai Aswaja dan sifaturrasul dalam Gerakan Pemuda Ansor.

Kondisi geografis Pemalang yang sebagian pegunungan, dan rawan terjadinya bencana tanah longsor, angin ribut, serta banjir, direspons oleh GP Ansor Pemalang dengan membentuk Tim SAR “Benowo Rescue”. Tim ini diharapkan dapat diandalkan untuk menangani bencana, baik pada tahap pencegahan maupun pasca terjadinya bencana.

Pembentukan tim SAR ini diawali dengan Pendidikan dan Latihan Khusus Banser Tanggap Bencana (Diklatsus Bagana) pada 30 Mei-1 Juni 2014 di Lapangan Gajahnguling Desa Gambuhan Kecamatan Pulosari. Pelatihan tersebut diikuti 212 peserta yang berasal dari Banser Pemalang, Purbalingga, Purwokerto dan Semarang dengan instruktur dari Bagana Wonosobo. Pemkab Pemalang sangat berterima kasih atas respon dari Banser dalam menanggapi bencana. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pemalang (2015)

Ketua: Wahidin Said (pelaksana tugas)
Wakil Ketua: Ahmad Hamdan • Agus Zamroni  • Mu’amar  • Fuad Zaenudin  •  Muhammad Ali Maksum
Sekretaris: Mohamad Masruri
Wakil Sekretaris: Aminul Fikar  •  Sukamso, Darmansah  • Suhadi  • Tohirin
Bendahara: Nur Ilham
Wakil Bendahara: Syaifi Rohmatilah  • Tauhid

Alamat: Jl. Pemuda No. 23 Pemalang.
Telpon: 0284-321631
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor