GP Ansor Kabupaten Rembang

Masuk ke Desa-desa Menangkal Radikalisme

Rembang adalah kabupaten di pesisir utara Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Teluk Rembang (Laut Jawa) di utara, Kabupaten Tuban (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Blora di selatan, serta Kabupaten Pati di barat. Makam pahlawan pergerakan emansipasi wanita Indonesia, R. A. Kartini, terdapat di kabupaten ini. Rembang memiliki luas wilayah 1.014,10 km2 dengan populasi penduduk 577.000 jiwa (2003).  Kabupaten Rembang terdiri atas 14 kecamatan, yang dibagi lagi atas 287 desa dan 7 kelurahan.

Kegiatan GP Ansor di Rembang seperti tidak pernah berhenti. Mulai dari kegiatan pengkaderan, aksi sosial dan keagamaan, peduli lingkungan, maupun kegiatan pemberdayaan potensi kader pemuda. Tak hanya di kota-kota, mereka masuk ke desa-desa.

GP Ansor Rembang menggelar Konfercab pada Ahad (12/4/2015), dan memilih secara aklamasi M. Hanies Cholil Baroq sebagai Ketua Pimpinan Cabang. Anies berjanji akan menggencarkan pengkaderan, menggiatkan pengajian, dan mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak.

GP Ansor Rembang juga rajin menggelar PKD Ansor dan Diklatsar Banser. Pengkaderan digencarkan untuk menangkal radikalisme agama yang telah menjalar sampai ke desa. Peserta Diklatsar diharapkan bisa memberi pemahaman kepada masyarakat tentang konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Banser baru yang dihasilkan lewat diklatsar, diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang Islam yang rahmatan lil’alamin, terutama di desa. Diharapkan, mereka mampu memberikan wawasan tentang NKRI,” terangnya.

GP Ansor Rembang juga mempunyai kepedulian tinggi terhadap lingkungan hidup. Ansor Go Green diwujudkan melalui gerakan menanam pohon. Selain menciptakan kelestarian alam, Ansor Go Green ini juga dimaknai sebagai gerakan menabung oksigen untuk generasi mendatang. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Rembang (2015-2019)

Ketua: M. Hanies Cholil Baroq
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab: Zaenal Arifin

Alamat:
Telpon: –
Email: emhanies@gmail.com
Facebook: –
Twitter: –
Website:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor