GP Ansor Kabupaten Sragen

Menata BMT Pemuda Ansor Sragen (PAS)

Kabupaten Sragen berbatasan dengan Grobogan di utara, Ngawi (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Karanganyar di selatan, serta Kabupaten Boyolali di barat. Luas wilayah Sragen sekitar 941,55 km2 dengan jumlah penduduk 883.464 jiwa (2010). Kabupaten yang terkenal dengan Museum Sangiran ini terdiri dari 20 kecamatan dan 208 desa/kelurahan.

Di kabupaten yang juga dikenal dengan sebutan Bumi Sukowati ini, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor telah memulai kiprahnya sejak 1984. Di Sragen, GP Ansor aktif dengan berbagai program kegiatan. Konferensi Cabang terakhir digelar pada Ahad (26/2/2012), yang mengantarkan Nur Muhammad Sugiyarto sebagai nakhoda PC GP Ansor Sragen.

GP Ansor Sragen melanjutkan program-program pengkaderan secara konsisten dan berkesinambungan melalui PKD Ansor dan Diklatsar Banser. Proses pengkaderan itu bertujuan untuk melahirkan kader baru yang memiliki jiwa kepemimpinan. Artinya, kader Ansor harus mampu mandiri, dan tidak cengeng. Para kader Ansor mesti meluruskan niat dalam berjuang untuk menegakkan Aswaja dan menjaga NKRI.

Dalam rangka memberdayakan masyarakat menuju perekonomian yang lebih mapan, GP Ansor Sragen fokus melakukan penataan Baitulmal Wattamwil Pemuda Ansor Sragen (BMT PAS) yang berlokasi di Ruko Glamour, Jalan Bhayangkara No 08 Mageru Sragen, Jawa Tengah.

GP Ansor Sragen memang berkomitmen untuk melakukan penataan BMT PAS. Pengurus berupaya menggenjot modal dan nasabah. Penataan juga dilakukan terhadap aspek manajemen, administrasi, dan profesionalisme sumber daya manusia. BMT PAS memiliki produk tabungan antara lain Simpanan Mudhorobah Hebat (Sahabat), Simpanan Hari Raya (Sahara), Simpanan Qurban (Saqur), Simpanan Ziarah (Sazi), dan Simpanan Umroh (Saum).

Pengembangan BMT PAS adalah program unggulan, selain penguatan PAC Ansor Ngapung. Dengan adanya lembaga keuangan milik Ansor yang sudah tertata dan terkelola secara profesional, diharapkan semakin banyak nasabah dan masyarakat kelas menengah ke bawah bisa terfasilitasi, sehingga kesejahteraannya dapat meningkat.

Sebagai bagian dari disiplin berkonstitusi, GP Ansor Sragen pada Ahad, 10 April 2016, mengagendakan Konferensi Cabang. Forum ini akan menjadi ajang untuk mempertajam visi dan menyusun program, serta regenerasi kepengurusan. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sragen (2012 – 2016)

Ketua: Nur Muh Sugiyarto
Wakil ketua: Agus Endarto
Sekretaris: Kristanto
Wakil sekretaris    : Endro Supriyadi
Bendahara: Darmin
Wakil Bendahara: Agus Triyono
Bidang    : –

Alamat : Gedung PCNU, Jl. Citandui No. 4 Sragen
Telpon: 0271 891106
Email resmi: gpansor.sragen@gmail.com
Twitter: @ansorsragen
Facebook: genru.ansorSragen

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor