GP Ansor Kabupaten Sukabumi

Tidak Politik Praktis, Gencarkan Pengkaderan

Sukabumi adalah kabupaten di Tatar Pasundan, Jawa Barat. Beribukota di Palabuhanratu, Sukabumi merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa setelah Banyuwangi (Jawa Timur). Kabupaten ini berbatasan dengan Bogor di utara, Cianjur di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Lebak di barat. Secara administratif, Kabupaten Sukabumi terdiri dari 47 kecamatan dan terbagi lagi menjadi 367 desa/kelurahan.

Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sukabumi menggelar Konferensi Cabang VI pada Selasa (26/7/2015), yang mengantarkan Fahmi Firmansyah terpilih menjadi Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Sukabumi untuk masa khidmat (2015—2016).

Di bawah kepemimpinan Fahmi Firmansyah, GP Ansor Kabupaten Sukabumi secara konsisten menjaga gerakan organisasi pada jalur hittah, yakni tidak berafiliasi ke politik praktis, dan fokus pada upaya-upaya pengaderan. Hal ini dibuktikan dengan sikap independensi organisasi ketika menghadapi Pilkada di Kabupaten Sukabumi pada 2015.

GP Ansor menyatakan sikap tidak berafiliasi politik pada pasangan calon bupati mana pun. Organisasi tersebut hanya akan mengawal jalannya proses demokrasi agar berjalan lancar dan melahirkan pemimpin yang amanah. Namun, secara individu-individu kader GP Ansor yang sudah memiliki pilihan politik mempunyai hak individu sebagai warga negara Indonesia.

GP Ansor mengingatkan aparatur penyelenggara pemilukada untuk bekerja profesional. “Jika dalam perjalanannya ada kecurangan maka GP Ansor akan menjadi garda terdepan untuk mengusut tuntas pelanggaran-pelanggaran yang terjadi,’’ ujarnya, Rabu (7/10/2015).
Pada saat yang sama GP Ansor Sukabumi gencar mengadakan Pelatihan Dasar Kepemimpinan (PKD). Dalam kurun 6 bulan kepengurusan, GP Ansor Kabupaten Sukabumi tercatat menggelar empat kali PKD. Gelombang IV PKD di Kecamatan Cibadak pada Sabtu-Ahad (23-24/3/2016) diikuti 51 orang peserta.

PKD penting dilakukan sebagai upaya regenerasi dalam membentengi para pemuda dari paham-paham yang anti-Aswaja. “Pemuda harus menjadi garda terdepan dalan menjaga dan melaksanakan paham ahlussunah wal-Jamaah juga para kiainya,” katanya. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sukabumi (2015-2020)

Ketua: Fahmi Firmansyah
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab: Irman

Alamat:
Telpon: –
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor