GP Ansor Kabupaten Tasikmalaya

Mengawal Kearifan Berbangsa dan Bernegara

Tasikmalaya adalah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan Majalengka dan Kota Tasikmalaya di utara, Samudera Hindia di selatan, Ciamis dan Pangandaran di timur, serta Garut di bagian barat. Kabupaten Tasikmalaya memiliki luas wilayah 2.712,52 km2, dengan populasi penduduk 1.876.544 jiwa (2013). Kabupaten Tasikmalaya terdiri dari 39 kecamatan dan terbagi menjadi 348 desa/kelurahan.

Pengurus GP Ansor Kabupaten Tasikmalaya dilantik pada Sabtu (8/10/2012). Perwakilan berbagai organisasi turut menyaksikan acara yang digelar di Aula Institut Agama Islam Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna ini.

Ketua Umum GP Ansor (2011-2016) Nusron Wahid memberikan orasi di acara bertema Menguatkan Sinergi, Mengawal Kearifan Berbangsa dan Bernegara.  Indonesia merupakan negara Pancasila yang mengedepankan sifat toleransi, prinsip persaudaraan sesama agama (ukhuwwah Islamiyah), persaudaraan kebangsaaan (ukhuwwah wathaniyyah) dan persaudaraan kemanusiaan (ukhuwwah basyariyah).

Sebagai organisasai kepemudaan berbasis keagamaan yang mengusung ahlussunnah wal jamaah GP Ansor akan senantiasa mengajak, menyadarkan semua elemen bangsa untuk hidup berdampingan dan saling menghargai satu sama lain dalam khebinekaan, membangun demi peradaban bangsa yang maju, kesejahteraan rakyat yang merata dengan memandang dalam bingkai Indonesia sebagai NKRI yang berdasarkan Pancasila.

Sabtu (26/12/2015), GP Ansor Kabupaten Tasikmalaya meresmikan kepengurusan 34 Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan 294 Pimpinan Ranting. Seribu kader turut menyaksikan pelantikan massal ini, termasuk undangan Bupati Tasikmalaya. Pelantikan ini merupakan upaya penguatan NU di seluruh Tasikmalaya. Karena, penggerak pembangunan NU dan pembangunan daerah adalah kaum muda, khususnya Ansor.

Pada 2015 ini, GP Ansor Tasikmalaya melakukan 13 putaran PKD. Selanjutnya, pada 2016 akan fokus pada Diklatsar Banser. Oleh karena itu, apabila ada PKD makan akan dilaksanakan oleh PAC GP Ansor. PKD dan Diklatsar ditargetkan mampu membentuk kader-kader bentengnya para ulama dan pilar Islam ala ahli sunah wal jamaah, serta memiliki kompetensi untuk sehingga mampu mendayagunakan potensi diri dan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat. Terlebih Tasikmalaya kekayaan alam yang melimpah ruah, mulai dari pertanian, perkebunan, energi, mangan, tambang, pasir besi dan lain sebagainya.

Sabtu-Ahad (16—17/4/2016) menjadi sejarah perkembangan PC. GP. Ansor Kabupaten Tasikmalaya. Pasalnya akan dilaksanakan kegiatan lima tahunan Konferensi Cabang (Konfercab) XIV yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Huda Peuteuyjaya, Desa Jayaratu, Sariwangi. Tema Konfercab XIV adalah Mengawal Ulama, Menjaga Keutuhan Bangsa dan Islam Nusantara. Sebagai bagian dari persiapan, sebelumnya telah dilaksanakan Pra-Konfercab di aula PCNU Tasikmalaya.

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tasikmalaya (2012—2016)

Ketua: Asep Muslim
Sekretaris: Iip Miftahul Paoz
Bendahara: H. Ami Fahmi
Kasatkorcab:

Alamat: Gedung PCNU Kabupaten Tasikmalaya. Jl Raya Timur No 505, Badakpaeh, Singaparna.
Telpon: –
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor