GP Ansor Kabupaten Temanggung

Nominator Pimpinan Cabang Terbaik

Kabupaten Temanggung berbatasan dengan Kendal di utara, Kabupaten Semarang di timur, Magelang di selatan, serta Kabupaten Wonosobo di barat. Temanggung memiliki luas wilayah 870,25 km² dengan populasi penduduk 708.546 jiwa (2010). Kabupaten ini meliputi 20 kecamatan, dengan 8 kelurahan, serta 280 desa.

Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Temanggung adalah satu dari enam nominator penerima Anugerah Pimpinan Cabang Terbaik, yang diumumkan pada Peringatan Harlah ke-80 Tahun GP Ansor di Surabaya 2014. Penghargaan ini merupakan bagian dari apresiasi terhadap kerja keras dan kinerja perjuangan Gerakan Pemuda Ansor di Tingkat Pimpinan Cabang, sekaligus agar bisa menjadi inspirasi bagi cabang yang lain untuk berperan lebih baik.

Penilaian dilakukan secara obyektif atas pelaksanaan program-program organisasi yang menjadi variabel akreditas cabang, mencakup pengembangan majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor, program kaderisasi, penguatan struktur hingga tingkat ranting, pengembangan Banser, pendirian amal usaha LKP dan LKMS, dan kegiatan lain.

PC GP Ansor Temanggung membawahi 20 PAC dan 289 pimpinan ranting, serta memiliki sekitar 7.000 anggota Banser. Di bawah kepemimpinan Yami Blumut, Sp. (2000-2014), Ansor Temanggung punya strategi untuk mendayagunakan potensi daerah yang terkenal dengan tembakau terbaik di dunia, srinthil.

Jajaran pengurus terdiri dari aktivis lintaspartai, dan kader PAC, PMII, IPNU, kader pendidikan, kader birokrasi, serta merangkul ulama muda. Program kerja berbasis konsolidasi internal, pendataan anggota, memenuhi kebutuhan anggota, kerjasama dengan pemerintah dan instansi terkait.

Ormas pelestari lingkungan hidup dan penerima penghargaan tanggap bencana dari Bupati Wonosobo ini aktif memperjuangan nasib petani tembakau, menolak bulan kondom nasional, aktif membina anak-anak pecandu miras narkoba, dengan dilatih pencak silat.

Ansor Temanggung juga melakukan rehab rumah tak layak huni, dan merenovasi korban tanah longsor di Kedopokan dan Wonosobo, serta aktif melakukan santunan anak yatim piatu.

Soal pengkaderan, Ansor Temanggung dan Banser telah memiliki 20 orang instruktur PKD per kecamatan, dan telah memiliki 125 pelatih Diklatsar Banser.

Ansor Temanggung memiliki empat binaan LKP, dan untuk pemberdayaan ekonomi digerakan melalui Koperasi Wirausaha Nasional Pemuda Mandiri (Kowina Muda), Kelompok-kelompok tani dan unit usaha lainnya.

Pengurus Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Temanggung masa khidmad 2014–2018 dikukuhkan oleh Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah di  Pondok Pesantren At Tauhid Parakan, Temanggung, Sabtu (4/4/2015).

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Temanggung (2014—2018)

Ketua: Sukron Wahid
Sekretaris: Dani Wardoyo
Bendahara: Hur Ahsan
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab: Luthfi Arifin

Alamat: Gedung PCNU. Jl Jenderal Soedirman No 66, Temanggung.
Telpon: 0293-4911158
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor