GP Ansor Kabupaten Wonogiri

Aset Besar dan Harapan Warga

Wonogiri secara harfiah hutan di pegunungan. Secara geografis Wonogiri berlokasi di bagian tenggara Jawa Tengah. Bagian utara berbatasan dengan Karanganyar dan Sukoharjo, bagian selatan langsung di bibir Pantai Selatan, bagian barat berbatasan dengan Gunung Kidul (Yogyakarta), bagian timur berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Luas kabupaten ini 1.822,37 km² dengan populasi 1,5 juta jiwa. Secara administratif terdiri dari 25 kecamatan dengan 43 kelurahan dan 252 desa.

Di kabupaten yang terkenal dengan tiwul ini, GP Ansor cukup eksis dengan program dan kegiatannya, baik perkaderan, social keagamaan, hingga pemberdayaan potensi kader. Konfercab GP Ansor Wonogiri digelar di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Sidoharjo, Minggu (11/1/2015). Forum tertinggi organisasi ini mengantarkan  Sri Handoko terpilih secara aklamasi sebagai Ketua GP Ansor Kabupaten Wonogiri periode 2015-2019. Sri Handoko menggantikan Ali Mahbub.

Sri Handoko mengatakan akan membenahi organisasi dan pengembangan kaderisasi hingga tingkat bawah, dan mewujudkan amal usaha lembaga dengan membentuk lembaga ekonomi. “Saya ingin membangun lembaga ekonomi seperti koperasi di setiap pimpinan anak cabang (PAC),” katanya.

Selama periode kepemimpinan Ali Mahbub, GP Ansor Wonogiri telah tujuh kali menggelar Diklatsar. Kegiatan itu mampu menghimpun sekitar 850 anggota, sehingga menjadi aset yang besar bagi lembaga tersebut.

Meski demikian, banyak anggota yang terpaksa merantau ke luar daerah karena desakan ekonomi. Hal itu menjadi tantangan bagi pemimpin saat ini untuk memerhatikan kondisi ekonomi anggota. ”Saya berharap GP Ansor mempunyai lembaga ekonomi yang mampu menggerakkan roda perekonomian anggota,” harapnya.

Ketua PC NU Wonogiri Mubarok juga berharap Konfercab itu mampu menghasilkan kepengurusan yang baik dan ideal. Pasalnya, Wonogiri mempunyai medan dan kondisi geografis yang berat. Mereka juga harus mampu menyikapi adanya radikalisme yang bisa membahayakan bangsa. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Wonogiri (2015-2019)

Ketua: Sri Handoko
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab Banser: Hafidz BR

Alamat: Jl. Salak V Rt.02 Rw. VIII, Giripurwo, Kec. Wonogiri
Telpon: –
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor