GP Ansor Kabupaten Wonosobo

Menyandang Predikat Pimpinan Cabang Terbaik

Kabupaten Wonosobo berbatasan dengan Temanggung dan Magelang di timur, Purworejo di selatan, Kebumen dan Banjarnegara di barat, serta Batang dan Kendal di utara. Kabupaten ini memiliki luas 984.68 Km² dengan populasi penduduk 900.653 jiwa (2015). Secara administratif, kabupaten ini terdiri dari 15 kecamatan, dengan total 236 desa dan 28 kelurahan.

GP Ansor Wonosobo menggelar Konfercab XII pada 24-25 Desember 2011. Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Wonosobo adalah salah satu pimpinan cabang yang paling kondang. Kerja keras dan kinerja perjuangan telah mengantarkan GP Ansor Wonosobo sebagai penerima Anugerah Pimpinan Cabang Terbaik. Penghargaan yang diberikan pada peringatan puncak Harlah ke-80 GP Ansor itu merupakan bentuk apresiasi sekaligus agar bisa menjadi inspirasi bagi cabang yang lain untuk berperan lebih baik.

Penilaian dilakukan secara obyektif atas pelaksanaan program – program organisasi yang menjadi variabel akreditas cabang, mencakup pengembangan majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor, program kaderisasi, penguatan struktur hingga tingkat ranting, pengembangan Banser, pendirian amal usaha LKP dan LKMS, dan kegiatan lain.

GP Ansor Cabang Wonosobo berdiri pada 1955. Dalam kurun waktu 10 tahun terahir ini Ansor Wonosobo fokus pada pemberdayaan kader, melalui pelatihan peningkatan kualitas kader, a.l. perbengkelan, las, bubut, menjahit, pengelolaan peternakan, dan perikanan. Ansor telah membuat Lembaga Kusus dan Pelatihan (LKP) Tunas Bangsa.

Organisasi yang saat ini diketuai oleh Asma Khozin S.Psi tersebut telah melatih kader Banser dalam menjadi tim penangulangan bencana dan membentuk Tim Rescue Kolo Dete. Anggotanya167 personil. Selain itu, 2 tahun terakhir Ansor Wonosobo menyiapkan kader yang akan masuk perguruan tinggi negeri. Dalam rentang tersebut tercatat 44 kader yang lolos masuk PTN.

Ansor Wonosobo juga mendirikan KSU Silamas (PAC Kertek), dan KSU Annamak (PAC Kepil), yang bergerak di bidang simpang pinjam untuk memperkuat permodalan anggota. Kedua koperasi ini memiliki aset Rp1,5 miliar.

Selama 2013, kaderisasi meningkat drastis, tecermin dari 8 kali PKD dan diklatsar di tingkat PAC dengan melahirkan 2.677 kaderbaru, sehingga total kader Ansor Wonosobo mencapai lebih dari 22.000 orang. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Wonosobo ()

Ketua: Asma’ Khozin
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab Banser X23: M. Kurnianto

Alamat: Gedung PCNU. Jl Kauman No13, Wonosobo. 56311
Telpon: –
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:
Blog:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor