GP Ansor Kota Bandung

Kehadiran Itu Terasa di Masyarakat

Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk. Penduduk kota ini 2,771,138 jiwa.  Kota Bandung merupakan kota terbesar di Pulau Jawa bagian selatan.  Pada 1990, Kota Bandung terpilih sebagai salah satu kota paling aman di dunia berdasarkan survei majalah Time. Secara administratif, Kota Bandung dibagi menjadi 30 kecamatan dan 151 kelurahan.

Konferensi Cabang GP Ansor Kota Bandung digelar pada 21 Oktober 2012 di  Pesantren Khozanaturrohmah, Cibolerang margahayu utara, Kecmatan Babakan Ciparay, Kota Bandung. Konfercab yang diikuti utusan peserta dari 22 PAC ini mengantarkan Aa Abdul Rozak, M.Ag sebagai Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kota Bandung untuk masa khidmat 2012—2016.

Jumat-Ahad (25—27/10/2013) adalah awal sejarah baru pengkaderan GP Ansor Kota Bandung, setelah 13 terakhir tanpa Pendidikan Kepemimpinan Dasar (PKD). Setelah berganti beberapa kali kepengurusan, kini anak-anak muda NU kota kembang itu bangkit kembali. PKD pertama ini diselenggarakan di Pesantren Cijawura, pesantren bersejarah yang telah banyak melahirkan kiai di Kota Bandung.
Pengkaderan juga dilakukan dengan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser. Pada Sabtu-Ahad (9-10/11/2013), sebanyak 102 pemuda mengikuti Diklatsar, dengan materi pelatihan skill individu, fisik, mental, dan spiritual. Pesertanya utusan PAC dan Pimpinan Ranting. Saat ini, GP Ansor Kota Bandung punya Regu Banser Khusus yang terdiri dari 17 personel.

GP Ansor Kota Bandung juga aktif dengan kegiatan sosial. Selasa (30/4/2013), jajaran pengurus menggelar bakti sosial dengan mengusung tema Mempertegas Khidmah Gerkan Pemuda Ansor dalam Menjaga Tradisi Lama yang Baik dan Melahirkan Inovasi Baru yang Lebih Baik. Baksos ini diwujudkan dengan aksi sosial mengecor masjid Sindang Resmi Cigondewah, yang merupakan salah satu masjid tertua di kota ini. Pengecoran melibatkan perwakilan 24 Pimpinan Anak Cabang Ansor dan Banser se-Kota Bandung, para santri dan masyarakat sekitar. Mereka bahu-membahu mengecor masjid.

Malam harinya, digelar tabligh akbar di lapangan Cigondewah Kidul dengan tajuk  Ansor Bersolawat. Acara ini juga dimeriahkan parade marawis dari berbagai pesantren di Kota Bandung. Kemudian, siangnya akan digelar dialog ulama dan umat. Pertemuan tersebut akan membahas persoalan-persoalan yang dihadapi bersama mulai dari persoalan sehari-hari hingga persoalan keagamaan. Kegiatan tersebut bertujuan mendekatkan Ansor dengan masyarakat sekitar. Supaya kehadiran GP Ansor itu terasa di masyarakat.

GP Ansor Kota Bandung juga punya program Pesantren Kilat (Sanlat) dan Bimbingan Belajar (Bimbel), Pasca ujian Nasional (BPUN). Acara sebulan ini mulai digelar pada Sabtu (4/5/2013) di Gedung PCNU Kota Bandung. Tujuan program ini adalah membantu siswa lulusan SLTA untuk sukses masuk ke perguruan tinggi. Pesertanya tidak hanya dari Kota Bandung.  Mereka dibekali aspek kognitif, apektif, dan psikomotorik. Tentu, dengan diberikan pemahaman tentang keaswajaan, keislaman, dan keindonesiaan. Sehingga mereka lebih sigap dalam mengahadapi tantangan di kampus.

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Bandung (2012—2016)

Ketua: Aa Abdul Rozak, M.Ag
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab:

Penasehat: Drs.H.Agustani Kirtadiredja (Ketua). Wahyul Afif Al-Ghofiqi

Alamat: Jalan Sancang Nomor 6 Kota Bandung. Gedung PCNU Kota Bandung, Jl. Yuda no.03, Kebon Kalapa, Kota Bandung.
Telpon: –
Email: redaksi@ansorbandung.com

Facebook: –
Twitter: @ansorbandung, @aaabdulrozak
Website: http://ansorbandung.joosee.com/,
(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor