GP Ansor Kota Banjar

Silaturahmi Membangun Tradisi

Kota Banjar adalah kota di Provinsi Jawa Barat. Kota Banjar berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, yakni dengan Kabupaten Cilacap. Banjar merupakan menjadi pintu gerbang utama jalur lintas selatan Jawa Barat. Untuk membedakannya dengan Banjarnegara di Jawa Tengah, kota ini sering disebut juga Banjar Patroman (Pataruman). Luas Wilayah Kota Banjar 13.197,23 Ha atau 113,49 km2 dengan populasi penduduk 176.520 jiwa. Secara administratif, Kota Banjar terbagi menjadi 4 kecamatan, 16 desa dan 9 kelurahan.

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Banjar dengan ketua pengurus Mamun Syarif, S.Ag cukup aktif menggelar kegiatan pengkaderan, menghidupkan majelis dzikir dan sholawat, serta rajin dalam berbagai kegiatan sosial. Di bidang ekonomi, GP Ansor Kota Banjar akan membentuk koperasi atau usaha lainya.

Pada 1-2 Maret 2014, GP Ansor Kota Banjar menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di Pondok Pesantren Zuhdil’ulum Bojongkantong, Langensari, yang diikuti seraturan peserta utusan Pimpinan Anak Cabang dan Ranting se-Kota Banjar.

Di Kota Banjar, majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor Kota Banjar membangun tradisi ziarah ke makam ulama setempat. Ini adalah agenda wajib setiap Jumat kedua saban bulan. Selain mengenang ketokohan para ulama, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahim pengurus dan kader Ansor. Kondisi apapun, sedikit atupun banyak anggota yang mengikuti ziarah, mereka tetap melaksanakan kegiatan ini.

Menjelang perayaan Hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, sebanyak 100 orang calon anggota Banser dari empat wilayah kecamatan yang ada di Kota Banjar mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar III Satkorcab Banser. Kegiatan ini dilaksanakan 3 hari pada Jumat — Minggu (18-20 Desember 2015) berlokasi di lingkungan Masjid DKM III Al–Amanah, Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja.

Dengan mengambil motto “Pancasila Jaya, NKRI Harga Mati, Aswaja Akidah Kita”, semua Banser di Kota Banjar harus siap turut serta menjaga keutuhan NKRI dari semua gangguan keamanan. Siap membantu kepolisian mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2016.
Untuk men-charge semangat, Ahad (27/12/2015), GP Ansor Kota Banjar menggelar seminar training motivasi kunci sukses menjadi pemenang. Bertempat di Gedung SMP Al-Hilal, Dusun Sampih, Kecamatan Langgensari, training ini menghadirkan pembicara anggota DPR RI H. Yanuar Prihatin.

Training motivasi ini juga diberikan kepada 75 anggota Banser di Pondok Pesantren Al Hilal Desa Rejasari, Kecamatan Langensari. Mereka adalah kader yang 2 pekan lalu lulus mengikuti Diklatsar di kompleks Masjid Al Amanah, Randegan Purwaharja. Banser diharapkan semakin kuat dalam fisik maupun mental dalam menjaga ideologi Ahlussunnah wal Jama’ah serta siap menjadi benteng ulama dalam situasi dan kondisi apa pun.

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Banjar (2012—2016)

Ketua: Mamun Syarif, S.Ag
Sekretaris: Muhtar
Bendahara:
Kasatkorcab: Muhsorin

Alamat:
Telpon: 085223577892
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor