GP Ansor Kota Bekasi

Berkontribusi pada Pembangunan Daerah

Kota Bekasi terletak di sebelah timur Jakarta. Berbatasan dengan Jakarta Timur di barat, Kabupaten Bekasi di utara dan timur, Bogor di selatan, serta Kota Depok di sebelah barat daya. Kota Bekasi memiliki luas wilayah 210.49 km2 (81.27 mil²) dengan populasi penduduk 2.334.871 jiwa. Lebih dari separuh wilayah kota ini sudah menjadi kawasan efektif perkotaan dengan 90% kawasan perumahan. Kota Bekasi terbagi menjadi 12 kecamatan yang mencakup 56 kelurahan.

Jumat-Ahad (7–9/11/2014), GP Ansor Kota Bekasi menggelar Diklatsar Banser di di bumi perkemahan Gor Kota Bekasi. Diklatsar bertema “Menanamkan Kesadaran Pemuda Untuk Menjunjung Tinggi Nilai Kebangsaan, Membela Negara Dan Menjaga Keutuhan NKRI,” ini diikuti oleh 100 orang peserta. Peserta tidak hanya diberi materi tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, mereka juga diberikan materi lain, “Ada caraka malam, latihan berganda, pendadakan (stelling), intelejen, penggalangan dan perceraiberaian dan formasi tata cara upacara bendera.

Diklatsar Banser angkatan ke-2 tahun 2015 digelar Jumat–Ahad (5-8/6/2015) di Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Al Hikmah Kampung Babakan Kelurahan Mustikasari Kecamatan Mustikajaya, dengan tema “Menjadi Insan Berwawasan Kebangsaan dan Menjaga Tradisi Kebudayaan Islam Indonesia.”

Jumat–Minggu (8–10/5/2015), GP Ansor Kota Bekasi menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), yang diikuti 50 peserta dari 12 kecamatan se-Kota Bekasi. Agenda wajib organisasi kali ini mengusung tema Mengembalikan Jatidiri Pemuda sebagai Pemimpin Bangsa yang Cinta Tanah Air dan Mewujudkannya Sesuai dengan Islam Ahlussunnah Waljama’ah.

Inti dari kegiatan adalah, agar peserta dapat berkontribusi terhadap pembangunan daerah. Ansor sebagai organisasi yang berbasis kepemudaan, akan terus memaksimalkan perannya untuk melakukan pembinaan terhadap peran pemuda di Kota Bekasi. Selain itu, ditengah gencarnya arus globalisasi, Ansor dituntut akan terus berupaya membentengi mental dan moral pemuda agar tidak terjerumus dalam budaya hedonisme.

GP Ansor Kota Bekasi juga punya program unik. Sholat Jumat Keliling (Jumling). Jumling dikemas dengan sebutan Safari Jumat, yakni road show secara rutin saban pekan untuk sholat Jumat berjamaah. Safari Jumat ini juga sebagai media sosialisasi kepada masyarakat dan jama’ah masjid akan pentingnya hidup secara berdampingan baik sesama umat muslim maupun dengan pemeluk agama lain di Kota Metropolitan.

Kepedulian terhadap lingkungan ditunjukkan dengan program tabur benih ikan. Jumat (12/2/2016), GP Ansor Kota Bekasi menebar 10.000 benih ikan lela dan mujair di sungai di Kalimalang. Kelangsungan hidup ikan ini akan menjadi indikator kesehatan ekosistem air di Kalimalang. Pasalnya air sungai ini merupakan bahan baku air bersih yang dikonsumsi warga Ibu Kota. Ikan -ikan ini juga menjadi benteng pencegah penyakit DBD yang akhir-akhir ini menjadi momok menakutkan. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Bekasi

Ketua: Ahmad Yudistra
Sekretaris: Muhammad Jufri
Bendahara:
Kasatkorcab:

Alamat: PCNU Kota Bekasi. Jl Bambu Kuning No. 200 RT.01 RW.02 Sepanjang Jaya, Rawa Lumbu, Kota Bekasi 17141.
Sekretariat GP Ansor Kota Bekasi. Jalan Veteran No 22, Kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan
Telpon: (021) 3625 6095
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor