GP Ansor Kota Sukabumi

Pemanfaatan 1.000 Lahan Pekarangan

Kota Sukabumi merupakan salah-satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat. Kota ini terletak 120 km sebelah selatan Jakarta dan 96 km sebelah barat Bandung. Wilayahnya berada di sekitar timur laut Kabupaten Sukabumi. Secara administratif wilayah kota ini seluruhnya berbatasan dengan wilayah Kabupaten Sukabumi. Sang Mutiara dari Priangan Timur ini memiliki luas wilayah 48.25 km2 (18.63 mil²) dengan populasi penduduk 298.681 jiwa (2010). Kota Sukabumi terdiri dari 7 kecamatan, meliputi 33 kelurahan, 1.521 RT, dan 350 RW.

GP Ansor Kota Sukabumi mengadakan Konferensi Cabang V pada Kamis (19/2/2015) di Pondok pesantren Al-Fatah, Sudajaya, Baros. Konfercab yang diikuti oleh utusan dari 7 Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan 33 Ranting ini dibarengi dengan seminar kebangsaan. Ketua Pelaksana Konfercab, Wingwing Suhendar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kota Sukabumi masa khidmat 2015—2019. Konfercab ini bagian regenerasi 4 tahun sekali. GP Ansor merupakan badan otonom (Banom) NU yang eksistensinya sudah sangat diakui.

Maraknya kasus begal yang meresahkan warga Sukabumi direspons pengurus GP Ansor dengan menggelar silaturahmi dan pembahasan dengan anggota di Citamiang, Ahad (28/2/2015) malam. Lingkungan yang nyaman harus diupayakan bersama agar masyarakat merasa terlindungi. GP Ansor berbaur dengan masyarakat untuk membantu mengamankan lingkungan setempat. Meskipun belum dilantik, program yang dimungkinkan bisa dilaksanakan harus secepatnya dijalankan.

Untuk menambah kekuatan sekaligus bagian dari perkaderan, GP Ansor Sukabumi menggencarkan rekrutmen anggota. Diklatsar Banser dilaksanakan pada Selasa – Rabu (5/4/2015) di Cicadas Kelurahan Sudajaya Hilir Kecamatan Baros. Rekrutmen ini merupakan kali ke-8 kali. Sesuai amanat Konfercab, tahun 2015, GP Ansor fokus pada rekrutmen anggota Banser dengan target 500 anggota baru.
GP Ansor Kota Sukabumi juga berinovasi dalam rangka pengabdian terhadap masyarakat. Salah satunya, dengan gerakan pemanfaatan 1.000 lahan pekarangan. Tujuannya, pelestarian lingkungan, mendorong perekonomian, dan menyukseskan implementasi Perda tentang Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Tahap pertama yang dilakukan adalah memberikan bibit tanaman cabai secara gratis kepada warga di Kelurahan Nanggeleng RT 05/04, pada Selasa (5/5/2015). Kegiatan ini akan terus digalakkan di lingkungan GP Ansor Kota Sukabumi, sekaligus diharapkan ditiru oleh warga masyarakat. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Sukabumi (2015—2019)

Ketua: Wingwing Suhendar
Sekretaris: Fajar Anugrah
Bendahara: Risman Hardiana
Kasatkorcab:

Alamat: Gedung NU di Taman Santa
Telpon: –
Email: –
Facebook: https://id-id.facebook.com/gpansor.kotatasikmalaya
Twitter: –
Website:

(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor