GP Ansor Kota Surakarta

Beragam Program Andalan

Kota Surakarta juga disebut Solo atau Sala, adalah wilayah otonom dengan status kota seluas 44 km2 dengan penduduk 503.421 jiwa (2010), dan kepadatan 13.636/km2. Surakarta dibagi menjadi 5 kecamatan, dengan 51 kelurahan.

GP Ansor Kota Surakarta menggelar Konferensi Cabang pada Desember 2012, yang memilih Muhammad Anwar sebagai Ketua PC GP Ansor Surakarta periode 2013-2017. Konfercab digelar di Hotel Agas, Solo. Dalam melaksanakan amanah organisasi, ia akan melaksanakan beberapa program andalan yang telah dirancang, di antaranya mendirikan BMT yang akan dikelola oleh pengurus cabang. Selain itu akan membentuk ranting-ranting baru yang tersebar di 5 PAC.

Program lainnya adalah menggiatkan majelis dzikir dan sholawat Rijalul Ansor. “Kota Solo merupakan kota yang kompleks dalam hal keberagaman paham Islam. Untuk itu melalui Rijalul Ansor, akan kita upayakan paham ahlu sunah wal jamaah bisa menyebar di Solo.”
Menyambut momentum peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-81 GP Ansor Kota Surakarta mengadakan berbagai kegiatan di Kompleks Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Mojosongo (24-26/4/2015).

Rangkaian diawali dengan Pelatihan Kader Dasar (PKD) dan Diklatsar selama 3 hari. Ada 75 peserta. Harlah juga dimeriahkan penampilan barongsai, festival hadrah, serta bazar rakyat. Bazar rakyat merupakan salah satu ajang untuk menampilkan kegiatan pemberdayaan ekonomi para kader dan masyarakat nahdliyin di Kota Solo. Rangkaian kegiatan tersebut akan ditutup dengan kegiatan Pengajian Akbar Rijalul Ansor.

Di musim pemudik, GP Ansor Surakarta membangun Posko Lebaran di pertigaan lampu merah Pos Faroka Jl Slamet Riyadi. Posko ini menyediakan tempat istirahat, minuman hangat, serta informasi yang diperlukan para pemudik. Di sini juga terdapat peralatan ringan emergency, bila terjadi situasi darurat seperti kotak P3K, pakaian dan sepatu untuk pemadam, serta rompi dan lampu lalu lintas.
Untuk memudahkan komunikasi dan akses informasi para pengguna radio HT juga dapat memantau informasi terkini dengan menggunakan frekuensi 142.300 yang merupakan gelombang RAPI Solo. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Surakarta (2013-2017)

Ketua: Muhammad Anwar
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab Banser:

Alamat:  Gedung PCNU Kota Surakarta, Jl Honggowongso, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
Telpon: +62 813-2926-0200
Email: –
Facebook: –
Twitter: –
Website:

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor