GP Ansor Kota Tasikmalaya

Mengawal Hittah NU, Menggencarkan Pengkaderan

Kota Tasikmalaya berbatasan dengan Ciamis di utara dan timur, serta dengan Kabupaten Tasikmalaya di utara, timur, barat dan selatan. Kabupaten ini juga berbatasan. Kota Tasikmalaya memiliki luas wilayah 184.38 km2 (71.19 mil²) dan populasi pendudk 697.550 jiwa [2013]. Secara administratif, Kota Tasikmalaya terbagi menjadi 10 kecamatan dan terdiri dari 69 kelurahan.

Gerakan Pemuda Ansor Kota Tasikmalaya menggelar Konferensi Cabang IV pada Senin (28/9/2015) di Yayasan Pendidikan Islam Al-Hikmah Kelurahan Mugarsari Kecamatan Tamansari. Konfercaba dibuka oleh Wali Kota Drs. H. Budi Budiman. Konfercab yang diikuti 100 peserta ini mengantarkan M. Ricky Assegaf terpilih sebagai Ketua PC GP Ansor Kota Tasikmalaya masa khidmat 2015-2019. Ricky mendapat rekomendasi 7 PAC dan 39 Ranting.

Ricky berkomitmen mengembalikan Ansor sesuai khittah-nya dan menjadi benteng ulama dengan mengedepankan nilai-nilai Islam Ahlussunah Wal Jamaah. Kaderisasi dan membentuk lembaga pemberdayaan menjadi fokus.

Pelantikan pengurus dilakukan di Pondok Pesantren Alkhoeriyah, Jl Bantarsari, Kecamatan Bungursari, Sabtu (26/3/2016). Usai dilantik, pengurus baru langsung menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab), dengan tema “Satu Barisan Mengawal Islam Rahmatan Lilalamin Mewujudkan Tasikmalaya Kota Toleran.” Tasikmalaya penuh dengan kebhinekaan. Perekat kebhinekaan adalah toleran karena Islam bukan hanya untuk orang Islam tapi seluruh alam.

Dalam Rakercab tersebut, GP Ansor berkomitmen mengawal khittah NU dalam berpolitik. Ini dibuktikan sikap tegas GP Ansor Kota Tasik yang secara kelembagaan tidak berafiliasi atau memberikan dukungan kepada salah satu calon dalam Pilkada.

Kamis (11/2/2016), GP Ansor Kota Tasikmalaya melakukan bhakti sosial restocking ikan dan membersihkan Sungai Bengkok, Sukalaksana, Bungursari. Ini adalah bagian dari rangkaian acara pelantikan pengurus baru. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap upaya mewujudkan ketahan pangan, dengan membersihhkan sungai yang mengalirkan air untuk 500 hektar lahan pertanian di kota ini.

Restocking dilakukan dengan tabur 25.000 benih ikan. Pemkot yang menghadapi keterbatasan sumber daya manusia, menyatakan terima kasih atas langkah GP Ansor.

Sebelum dilantik, pengurus PC GP Ansor Kota Tasikmalaya sudah berlari kencang dengan program pengkaderan. Sabtu-Minggu (2-3/1/2016) digelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) II di Ponpes Riyadlul’ulum Wadda’wah, Condong. Pesertanya sebanyak 50 orang utusan dari PAC Cibeureum, ditambah 20 peserta perwakilan PAC se-Kota Tasikmalaya. “Pokoknya sebulan dua kali PKD,” kata Ricky. (f)

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Tasikmalaya (2015-2019)

Ketua: M. Ricky Assegaf
Wakil Ketua: Asep Rizal Al Asyari
Sekretaris:
Bendahara:
Kasatkorcab: Ujang Haedar

Alamat: Gedung PCNU. Jl Doktor Sukarjo, 47, Kota Tasikmalaya. 46112
Telpon: –
Email: –
Facebook:
Twitter: –
Website:

(update: redaksi.ansor@gmail.com)

Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor
  1. Mars Ansor // Mars Ansor - GP Ansor