Efek Samping Statin – Apa yang Harus Diketahui

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui apa efek samping statin sehingga Anda tahu apakah Anda harus meminumnya.

Efek Samping Statin - Apa yang Harus Diketahui harus tetap

Statin merupakan obat penting dalam mengontrol kadar kolesterol. Mereka juga diketahui menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan pada banyak orang. Mereka diresepkan sebagai obat untuk kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, tetapi banyak dokter sekarang juga meresepkannya untuk penderita penyakit jantung dan diabetes.

Jadi, kapan Anda bisa mulai mencari efek samping statin? Sebaiknya coba obat generik untuk melihat seberapa baik kerjanya sebelum memutuskan apakah akan menggunakannya. Mungkin obat yang berbeda akan lebih mudah Anda gunakan. Dalam beberapa kasus, begitu dokter meresepkan obat semacam itu selama sepuluh tahun atau lebih, maka obat itu ditarik dari pasaran karena efek samping yang tidak terduga dan tidak diinginkan.

Selain itu, ada beberapa obat yang harus Anda pertimbangkan untuk dihindari jika Anda memiliki jantung atau tekanan darah tinggi. Beberapa obat tersebut adalah statin, juga penghambat ACE dan beta-blocker. Inhibitor ACE diresepkan untuk mencegah pembentukan gumpalan di arteri, tetapi terkadang obat ini menghentikan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ini bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung. Beta blocker bekerja dengan mengurangi detak jantung, tetapi juga meningkatkan kolesterol.

Statin juga dapat memiliki efek samping statin. Banyak orang mengalami mual dan muntah, diare, sembelit, dan sakit perut. Selain itu, banyak juga yang mengalami sakit kepala, nyeri otot dan sendi, depresi dan gangguan memori. Beberapa orang juga mengalami ruam kulit dan ketidaknyamanan usus.

Penting juga untuk mengetahui apa efek samping statin ini bagi Anda. Sangat mudah untuk tergoda untuk mengambil lebih dari yang Anda butuhkan. Itulah mengapa penting untuk berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu. Jika Anda memutuskan ingin mengonsumsi lebih banyak, tanyakan kepada dokter Anda apakah ada cara yang lebih baik untuk mengontrol kadar kolesterol Anda tanpa mengonsumsi statin. Atau, pastikan Anda menemukan obat penurun kolesterol yang dapat Anda toleransi.

Ada juga efek samping statin lainnya. Beberapa orang melaporkan mendengar telinga berdenging. pusing, dan mual. Jika Anda tidak terbiasa mengalami efek samping statin ini, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda sedang meminumnya.

Beberapa efek samping yang lebih umum tidak serius. Namun, Anda harus tetap memberi tahu dokter Anda jika Anda tidak puas dengan hasil statin Anda. Dia dapat memberi tahu Anda jika sudah waktunya untuk beralih.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang efek samping statin, bicarakan dengan dokter Anda. Ini mungkin membantu Anda memutuskan apakah ini sesuatu yang perlu Anda ketahui dan apa yang harus Anda lakukan. Anda bahkan dapat mengetahui apa yang dapat Anda lakukan untuk menghindari efek samping jika Anda sudah menderita karenanya.

Ketika berbicara tentang efek samping statin, jujurlah dengan dokter Anda. Anda tidak ingin berbohong. Itu mungkin kembali menghantui Anda, jadi yang terbaik adalah jujur ​​sepenuhnya. Pastikan bahwa Anda tidak akan mengalami serangan jantung atau gagal ginjal lagi karena Anda berbohong kepada dokter.

Anda mungkin juga ingin mencari suplemen yang tidak mengandung statin. Anda dapat mencobanya jika Anda mau. Mereka tidak mengandung zat berbahaya. dan mereka alami. Mereka mungkin benar-benar membantu Anda jika Anda juga mengonsumsi obat lain.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang hal ini juga. Jika Anda sudah menderita diabetes atau kolesterol tinggi, maka Anda tahu betapa berbahayanya efek samping obat resep. Mereka dapat membahayakan Anda jika Anda tidak berhati-hati. Ada alternatif untuk Anda jika Anda mengambil ini juga.

Ingatlah bahwa efek samping statin tidak seserius beberapa hal yang kita dengar di TV. Beberapa orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka meminumnya dan oleh karena itu tidak mengkhawatirkan mereka. Namun, jika Anda meminumnya, Anda harus waspada terhadap semua kemungkinan masalah yang dapat menimpa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *