Kram dan Kelelahan Otot – Cara Mengatasi Nyeri Otot

Kram otot adalah kontraksi tiba-tiba dan tidak disengaja dari satu atau lebih otot di tubuh Anda.

Kram dan Kelelahan Otot - Cara Mengatasi Nyeri Otot pada otot-otot kaki

Jika Anda pernah tertidur tiba-tiba dan berhenti di tanda berhenti, Anda memahami bahwa kram otot dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa di siang hari.

Kram otot terjadi ketika tubuh melepaskan adrenalin dan kortisol dalam jumlah berlebihan ke dalam aliran darah. Bahan kimia ini dilepaskan dari kelenjar adrenal dan kelenjar pituitari dan bertanggung jawab untuk meningkatkan detak jantung Anda dan menciptakan rasa kelelahan yang ekstrem. Terkadang peningkatan hormon ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon, seperti kehamilan, menopause, penambahan obat, atau cedera.

Kram otot terjadi jika kontraksi otot disebabkan oleh kelemahan, kurangnya kekuatan, atau jika terjadi terlalu sering. Selain kontraksi otot ini, gejala lain juga dapat terjadi. Salah satu gejala kelelahan otot adalah kelelahan di bagian tubuh lain. Kelelahan ini mungkin ada pada pikiran dan tubuh, tetapi paling sering terjadi pada otot-otot kaki. Penting untuk diperhatikan bahwa kelelahan otot tidak selalu berarti nyeri otot, jadi penting untuk selalu mencari bantuan medis jika Anda mengalami gejala-gejala ini.

Kram otot dan kelelahan sering kali dikaitkan. Namun, kelelahan otot umumnya merupakan tanda dari kondisi lain. Kelelahan otot adalah gejala fisik dari ketidakseimbangan di otak.

Kram dan Kelelahan Otot - Cara Mengatasi Nyeri Otot tubuh terhadap penggunaan

Seseorang yang memiliki tingkat kecemasan tinggi mungkin mengalami perasaan gugup, sehingga sulit tidur. Sebaliknya, seseorang dengan tingkat kecemasan yang rendah mungkin mengalami gangguan tidur karena takut tidur atau kurang relaksasi.

Meskipun kram otot sering kali disebabkan oleh kelemahan atau stres, kram juga dapat disebabkan oleh berbagai masalah. Selain gejala yang disebutkan di atas, nyeri otot akibat kelelahan atau kelelahan otot juga bisa disebabkan oleh kurang istirahat. Masalahnya di sini adalah ketika tubuh Anda menyesuaikan diri dengan kurang tidur, kelelahan otot dan nyeri otot terjadi.

Nyeri otot dapat diobati dengan obat yang dijual bebas, tetapi nyeri hanya bersifat sementara. Anda bisa mengalami kram otot, tetapi Anda tidak bisa mendapatkan otot. Jika nyeri otot disebabkan oleh cedera, Anda harus berbicara dengan dokter tentang pilihan yang tersedia untuk Anda.

Meskipun nyeri otot adalah respons alami tubuh terhadap penggunaan atau aktivitas berlebihan, nyeri yang terkait dengan nyeri otot mungkin tidak hilang seluruhnya. Rasa sakit tersebut disebabkan oleh peradangan, yang diakibatkan oleh pembengkakan di area tersebut.

Jika rasa sakit tidak teratasi tepat waktu, penting untuk mendiskusikan masalahnya dengan dokter Anda. Obat bebas akan membantu meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh nyeri otot untuk sementara waktu. Meskipun obat ini menghilangkan rasa sakit untuk sementara, tetapi mungkin tidak dapat mengatasi masalahnya. Selain itu, jika Anda terus menggunakan obat tanpa menghilangkan rasa sakit, Anda dapat mengalami kerusakan permanen pada jaringan di sekitar otot dengan membiarkan peradangan sembuh alih-alih menyembuhkan otot.

Kram dan Kelelahan Otot - Cara Mengatasi Nyeri Otot ke dalam aliran

Dalam beberapa kasus, pembedahan diperlukan.

Ada beberapa jenis obat pereda nyeri yang dijual bebas untuk mengurangi nyeri otot. Acetaminophen adalah pereda nyeri yang populer untuk nyeri otot dan kram otot. Ini dapat meredakan gejala kram otot, tetapi tidak dapat menyembuhkan penyebab nyeri. Segera setelah Anda berhenti minum obat, rasa sakit biasanya akan kembali.

Pelemas otot juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi kram otot dan nyeri otot. Namun, obat-obatan ini dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Beberapa dari efek samping ini termasuk sakit kepala, pusing, mual, mengantuk, mual, muntah, sakit perut, dan muntah, diare dan penglihatan kabur.

Akupresur adalah pengobatan alternatif yang menawarkan manfaat akupunktur, tetapi tidak memerlukan penggunaan obat-obatan. Akupresur didasarkan pada teori bahwa ketika ada penyumbatan meridian di tubuh Anda, titik-titik akupresur akan membantu membersihkan penyumbatan. Cara kerjanya sama seperti akupunktur, tetapi tidak menyebabkan rasa sakit atau efek samping apa pun.

Jika nyeri otot disebabkan oleh cedera, Anda harus berkonsultasi dengan dokter tentang cara mengobatinya. Mungkin ada masalah atau cedera mendasar yang dapat menyebabkan rasa sakit. Dalam kebanyakan kasus, kram otot dan kelelahan dapat disembuhkan dengan pereda nyeri atau olahraga yang menargetkan area tubuh tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *