Nyeri Dada Pleura – Apa yang Dapat Saya Lakukan dengan Nyeri Dada?

Mesothelioma pleura adalah keganasan yang sangat langka yang terutama menyerang anak-anak dan jarang orang dewasa.

Nyeri Dada Pleura - Apa yang Dapat Saya Lakukan dengan Nyeri Dada? bersamaan seperti mengi, batuk, demam

Sakit dada pleuritik adalah kondisi yang jarang terjadi pada anak-anak.

Komplikasi lain yang terjadi secara bersamaan seperti mengi, batuk, demam, kelelahan, mudah tersinggung, sakit kepala, keringat malam, demam, dan kejang otot dapat terjadi pada anak yang mengalami nyeri dada pleuritik. Pemeriksaan dada secara menyeluruh diperlukan untuk diagnosis yang tepat. Pemeriksaan rontgen dan torakoskopi mungkin diperlukan. Anak-anak dengan penyakit ini seringkali tidak memiliki riwayat kanker. Anak dengan kondisi ini biasanya tiba-tiba mengalami nyeri dada dan sering mengeluh dada sesak, tertekan dan berat.

Foto rontgen dada digunakan untuk mendeteksi keberadaan mesothelioma pleura. Torakoskopi digunakan untuk mendeteksi asal mula ketidaknyamanan dada pada anak-anak. Pada anak-anak dengan mesothelioma pleura, diagnosis sering ditegakkan melalui torakoskopi. Selama torakoskopi, dokter akan menggunakan sinar-X berenergi tinggi untuk memindai seluruh area dada. Ini akan mengungkapkan lokasi dan ukuran massa atau tumor di dada.

Pada anak, rontgen dada dapat dilakukan untuk memastikan apakah tumor atau massa telah tumbuh di paru-paru atau tidak.

Nyeri Dada Pleura - Apa yang Dapat Saya Lakukan dengan Nyeri Dada? mungkin diperlukan

Ini juga dapat digunakan untuk menentukan apakah kista telah pecah atau tidak.

Gejala mesothelioma pleura termasuk dada sesak, berat, dan sesak di dada. Ketidaknyamanan dada bisa terjadi pada malam atau pagi hari. Nyeri dan tekanan di dada terkadang bisa dirasakan di daerah bahu dan leher. Dokter mungkin akan merasakan benjolan di dekat tulang dada, ketiak atau tepat di bawah tulang dada.

Dokter dapat memutuskan untuk melakukan studi pencitraan untuk menentukan apakah ada kanker di paru-paru atau tidak. Jika dokter memiliki kecurigaan tentang kanker, dia dapat menguji paru-paru dengan melakukan radiografi dada atau tes fungsi paru. Sinar-X juga dapat dilakukan untuk memastikan bahwa anak tidak terjangkit pneumonia atau penyakit lain.

Dokter tidak boleh menunda pengambilan foto rontgen dada jika nyeri dada semakin parah. Selain itu, rontgen dada akan diperlukan untuk menyingkirkan mesothelioma pleura akut, yaitu jenis kanker yang menyerang anak-anak dan biasanya menyebar perlahan melalui dinding dada, menyebabkan pleura dinding dada dan peradangan jaringan pleura.

Pilihan pengobatan umum untuk mesothelioma dada termasuk operasi, terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi interferon. Pembedahan sering direkomendasikan untuk anak-anak dengan nyeri dada yang terus-menerus. Pilihan pengobatan paling umum untuk anak-anak adalah pembedahan. Mesothelioma pleura dapat diangkat dengan pembedahan atau melalui prosedur pembedahan yang mengangkat seluruh tumor melalui pembedahan atau artrosentesis.

Nyeri Dada Pleura - Apa yang Dapat Saya Lakukan dengan Nyeri Dada? pembedahan atau terapi radiasi untuk

Kemoterapi sering diresepkan ketika dokter mendeteksi bahwa anak menderita mesothelioma pleura atau jika penyakitnya lebih agresif dan mungkin memerlukan serangkaian perawatan kemoterapi.

Mesothelioma adalah suatu bentuk kanker yang dapat ditemukan di dalam dinding dada atau selaput paru-paru, dan dapat mempengaruhi salah satu dari beberapa organ di dada termasuk jantung, paru-paru, otak, pankreas atau ginjal. Mesothelioma pleura disebabkan oleh paparan asbes, dan gejala mesothelioma sulit dibedakan dari kondisi dada lainnya. Ini adalah bentuk kanker yang sangat agresif dan gejala yang dialami mirip dengan kondisi dada lainnya.

Perawatan kemoterapi melibatkan obat yang diberikan untuk mengobati kanker, membunuh sel kanker, dan mengecilkan tumor. Beberapa obat ini digunakan dalam kombinasi. Kemoterapi membantu mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker, sekaligus mengurangi ukuran tumor. Obat tersebut juga membantu meningkatkan aliran darah ke area di mana kanker berada.

Kemoterapi dapat diberikan melalui berbagai metode seperti suntikan, obat intravena, obat inhalasi dan obat oral. Kemoterapi umumnya digunakan untuk mengobati mesothelioma pleura yang mempengaruhi paru-paru dan jantung. Pasien tidak boleh menerima perawatan ini jika mereka menderita kanker paru-paru, leukemia atau penyakit Hodgkin karena obat-obatan tersebut dapat melemahkan sistem kekebalan pasien.

Kemoterapi biasanya diberikan sebagai bagian dari pengobatan gabungan, tetapi dapat diberikan secara terpisah jika dokter menginginkannya, tergantung pada kondisi pasien. Kemoterapi juga dapat diberikan untuk bentuk mesothelioma pleura yang sangat agresif. Perawatan kemoterapi dapat dikombinasikan dengan pembedahan atau terapi radiasi untuk pasien yang memiliki tumor di paru-paru atau organ dada lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *