Cara Mengenali Gejala Gangguan Penggunaan Alkoholisme

Bagi kebanyakan orang, konsumsi alkohol dalam jumlah sedang belum tentu berbahaya.

Cara Mengenali Gejala Gangguan Penggunaan Alkoholisme pria dan wanita

Tetapi bagi beberapa orang, penyalahgunaan alkohol dapat menghancurkan, mengakibatkan banyak masalah seperti depresi, serangan jantung, dan penyakit hati.

Gangguan penggunaan alkohol sering dikategorikan menjadi tiga kategori: alkoholisme, penggunaan alkohol ringan, dan penggunaan alkohol berat. Kategori ini ditentukan oleh tingkat asupan alkohol. Bagi mereka yang menyalahgunakan alkohol parah, mungkin sulit membedakan gejala dari gangguan kesehatan mental. Penggunaan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit serius seperti sirosis hati dan kematian. Penyalahgunaan alkohol ringan didefinisikan sebagai mengonsumsi kurang dari satu minuman per hari.

Untuk menentukan apakah Anda menderita gangguan penggunaan alkohol, dokter Anda harus melakukan pemeriksaan fisik, mewawancarai Anda, mengevaluasi gejala Anda, dan memesan beberapa tes. Tingkat keparahan gejala Anda akan diamati dengan cermat, dan dokter Anda akan membuat keputusan. Dokter Anda mungkin meminta Anda menjalani terapi perilaku kognitif atau pengobatan jika perlu. Penting untuk diingat bahwa kecanduan alkohol adalah suatu kondisi medis yang memerlukan pendekatan medis untuk pengobatannya.

Alkoholisme telah dikaitkan dengan penyakit serius lainnya seperti serangan jantung dan kematian. Penyalahgunaan alkohol ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengontrol konsumsi alkohol. Gejala penyalahgunaan alkohol yang paling umum termasuk perubahan suasana hati, mudah tersinggung, gelisah, gelisah, insomnia, sulit tidur, ingatan buruk, dan kehilangan konsentrasi. Jika Anda memiliki gejala seperti ini, maka inilah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan diagnosis penyalahgunaan alkohol. Faktanya, banyak ahli kesehatan yang percaya bahwa ini adalah penyebab kematian nomor satu di antara pria dan wanita Amerika.

Sangat sulit bagi seseorang untuk menjalani perawatan untuk penyalahgunaan alkohol. Meskipun Anda dapat pergi ke fasilitas rehabilitasi, alasan utama keberhasilan mereka adalah komitmen pasien terhadap program tersebut. Pusat perawatan akan memastikan bahwa pecandu tahu bagaimana menghindari situasi yang memicu penyalahgunaan alkohol.

Mereka yang mengalami gangguan penggunaan alkohol harus sangat menyadari konsekuensi kecanduan mereka. Semakin lama individu bertahan dalam penyangkalan, semakin sulit bagi mereka untuk berubah. Misalnya, mereka yang kecanduan alkohol serius lebih mungkin terlibat dalam kejahatan alkohol, dan bahkan bunuh diri. Beberapa pecandu akan bunuh diri jika tidak dirawat dengan benar. Namun, Anda dapat mengobati kecanduan Anda tanpa harus menggunakan obat-obatan dan alkohol.

Untuk mengatasi kecanduan Anda, Anda disarankan untuk bergabung dengan kelompok pendukung seperti Alcoholics Anonymous atau Narcotics Anonymous. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengikuti program 12 langkah di mana Anda akan belajar bagaimana mengatasi masalah Anda sendiri. Seorang terapis dapat membantu Anda melalui proses ini, dan mereka juga dapat memberikan bantuan dan nasihat tentang cara menjalani hidup. Banyak pusat perawatan juga memiliki program yang akan melatih Anda untuk menghadapi situasi di mana Anda mungkin harus menghadapi godaan untuk menggunakan alkohol.

Pusat perawatan alkoholisme menawarkan program yang berfokus pada terapi keluarga. Ini membantu Anda belajar mengenali pemicu dan cara menanganinya. Tujuan dari program perawatan ini adalah untuk membantu Anda mengatasi rasa sakit akibat kecanduan alkohol dan mulai menjalani kehidupan normal sekali lagi. Pusat rehabilitasi juga dapat mengajari Anda cara merawat diri sendiri saat Anda bepergian.

Jika Anda ingin tetap sadar, Anda perlu mengikuti kursus di pusat perawatan. Ini adalah sesuatu yang perlu Anda lakukan sendiri atau dengan sekelompok orang. Anda harus diajari cara menghindari alkohol dan menggunakan alternatif yang sehat. Anda juga akan diajari pengendalian diri, yang berarti Anda harus memastikan bahwa Anda tidak mabuk selama beraktivitas. Kelas ini mengajari Anda cara mengendalikan emosi, dan cara menghindari pemicu yang akan membuat Anda minum alkohol.

Tujuan pengobatan untuk gangguan penyalahgunaan alkohol adalah untuk membantu Anda mengatasi masalah Anda, untuk meningkatkan kualitas hidup Anda, dan untuk mengembalikan hidup Anda. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan harus meninggalkan kecanduan Anda kepada keluarga dan melanjutkan hidup Anda. Ini berarti Anda perlu mendapatkan pekerjaan atau mencari pekerjaan di pusat rehabilitasi. Jika Anda tidak memiliki keluarga dan dukungan untuk diandalkan, penting bagi Anda untuk mencari dukungan dari seseorang yang dekat dengan Anda agar mereka dapat berada di sisi Anda dan membantu Anda melewati periode waktu ini. Dalam kasus ini, Anda mungkin ingin mencari bantuan dari agen yang menawarkan konseling kelompok.

Perawatan untuk gangguan penggunaan alkohol adalah proses yang berkelanjutan. Anda perlu terus melatih keterampilan yang baru dipelajari dan mengatasi kekambuhan yang mungkin Anda alami. Alkoholisme adalah gangguan mental yang dapat disembuhkan jika Anda mau mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *