Operasi Untuk Hipertensi Intrakranial Idiopatik

Pseudotumor Cerebri (SOo-duh-too-ruh KREE-behr) adalah istilah medis yang berarti “pseudopenia otak”.

Operasi Untuk Hipertensi Intrakranial Idiopatik bila pilihan pengobatan lain gagal

Ini terjadi ketika ada peningkatan tekanan intrakranial (peningkatan tekanan di telinga bagian dalam yang disebabkan oleh perubahan cairan di dalam otak) tanpa sebab yang jelas. Ia juga dikenal sebagai pseudotumor cerebrum (PTC). Terkadang, sakit kepala parah juga bisa timbul di belakang mata.

PTC biasanya muncul dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang tiba-tiba dan parah di belakang mata. Nyeri bisa di satu atau kedua mata. PTC dapat disebabkan oleh penumpukan besar cairan (cairan serebrospinal) di telinga bagian dalam. PTC bisa disebabkan oleh tumor. PTC juga bisa disebabkan oleh cedera pada leher atau kepala. PTC terkadang disebabkan oleh tumor yang berasal dari belakang mata atau di saluran hidung.

Perawatan PTC termasuk operasi. Pembedahan untuk kondisi ini harus dipertimbangkan sebagai pilihan terakhir, terutama bila pilihan pengobatan lain gagal. Pembedahan untuk PTC umumnya dilakukan untuk mengangkat bagian telinga bagian dalam yang terkena.

Pembedahan untuk PTC sering dilakukan dengan anestesi umum. Prosedur ini disebut intracraniocelectomy frontal tengah (MIFC). MIFC adalah operasi invasif minimal dan tidak melibatkan pengangkatan seluruh lobus otak. Operasi ini adalah pilihan non-bedah untuk kondisi ini.

Salah satu komplikasi pembedahan yang paling umum untuk PTC adalah penyumbatan saluran pendengaran sentral. Ketika kanal terhalang oleh lapisan telinga bagian dalam, suara tidak dapat keluar dari telinga bagian dalam dan dengan demikian terdengar di bagian bawah otak. Gangguan pendengaran yang diakibatkan pada orang yang menderita kondisi ini disebut mastitis. Dalam beberapa kasus, operasi juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Operasi untuk kondisi ini cukup berhasil mengurangi keparahan gejala kondisi ini.

Operasi Untuk Hipertensi Intrakranial Idiopatik Ia juga dikenal sebagai pseudotumor

Setelah operasi, orang yang terkena perlu minum obat dan mendapatkan nutrisi yang tepat hingga enam bulan untuk mencegah gejala kembali. Ini adalah proses jangka panjang yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Beberapa obat dan nutrisi mungkin harus dikonsumsi sepanjang hidup.

Setelah operasi, orang tersebut memiliki masa pemulihan antara dua hingga empat bulan. Ini lebih lama dibandingkan jika operasi dilakukan dengan anestesi umum. Beberapa pasien juga perlu minum obat resep, dan mereka harus diawasi dengan ketat.

Prosedur bedah hanya digunakan sebagai upaya terakhir untuk jenis masalah ini. Jika pilihan pengobatan lain belum efektif, dokter mungkin merekomendasikan agar pembedahan dilakukan. Pembedahan untuk kondisi ini adalah operasi yang berisiko, tetapi merupakan cara yang sangat efektif untuk meredakan gejala PTC. Prosedur pembedahan dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mengobati penyebab yang mendasari kondisi ini. Bagi kebanyakan pasien, ini adalah cara efektif untuk menangani kondisi ini.

Hipertensi intrakranial idiopatik adalah jenis kelainan yang jarang terjadi. Ini mempengaruhi satu dari setiap sembilan orang yang menderita kondisi ini. Artinya, ini adalah kondisi yang relatif langka. National Institutes of Health memperkirakan bahwa lebih dari tiga juta orang Amerika hidup dengan kondisi ini.

Tidak ada obat untuk PTC yang diketahui. Dokter tahu bagaimana menangani gejala dan mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut. Mereka dapat membantu pasien menjalani kehidupan yang lebih normal dengan gejala kondisi ini.

Hidrosefalus intrakranial frontal tengah menyebabkan pembukaan kanal frontal tengah di telinga bagian dalam menjadi kecil. Pasien dengan kondisi jenis ini mengalami sakit kepala parah dan konstan. Kondisi tersebut tidak mengancam jiwa tetapi bisa menyakitkan dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pembedahan untuk kondisi ini biasanya menjadi garis pertahanan pertama untuk kondisi ini. Ini adalah satu-satunya metode pengobatan yang terbukti efektif untuk mengatasi kondisi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *