Pengobatan Dyshidrosis – Dapatkah Anda Menggunakan Pengobatan Alami?

Dyshidrosis mengacu pada kondisi yang membuat kulit kering, gatal, dan tidak nyaman.

Pengobatan Dyshidrosis - Dapatkah Anda Menggunakan Pengobatan Alami? Operasi laser, ablasi frekuensi

Biasanya mempengaruhi kaki, jari kaki dan jari tangan. Ini juga dikenal sebagai pompholyx (PE), dermatitis palmoplantar parah atau eksim papiler kulit transien. Kondisi ini biasanya kronis (jangka pendek) dan dapat menyebabkan rasa malu yang besar pada orang yang mengalaminya.

Dyshidrosis dapat mempengaruhi kehidupan siapa pun, tanpa memandang jenis kelamin, usia, dan status sosial. Mereka yang mengalaminya mengalami gatal-gatal, kemerahan, ketidaknyamanan dan bahkan peradangan di area yang terkena. Beberapa orang mengalami iritasi kulit yang berlebihan.

Dyshidrosis terjadi ketika ada terlalu banyak kelenjar keringat di ketiak. Keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat memperburuk kulit. Ini kemudian menyebabkan gatal, kemerahan dan nyeri. Ini kondisi yang memalukan karena ini. Orang sering menghindari tempat-tempat dengan kaki dan tangan yang berkeringat berlebihan, karena takut dipermalukan dengan kondisi mereka.

Orang yang menggunakan obat-obatan tertentu seperti antihistamin, antikolinergik, beta blocker, dan diuretik mungkin rentan terhadap dyshidrosis. Obat-obatan ini dapat mengeringkan kulit, yang berkontribusi pada gejalanya. Obat lain yang digunakan untuk mengobati asma dan bronkitis dapat menyebabkan reaksi eksim.

Kondisi tertentu juga dapat menyebabkan dyshidrosis, termasuk HIV, penyakit Parkinson, dan penyakit hati tertentu. Tidak ada bukti bahwa dyshidrosis dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain. Namun, ada kemungkinan bayi yang diberi susu botol mengalami dyshidrosis. Ini tidak umum pada hewan dan tampaknya tidak terjadi pada bayi baru lahir dan anak kecil.

Ada faktor tertentu yang dapat menyebabkan kondisi ini. Beberapa di antaranya adalah genetik yang diturunkan, kecenderungan genetik, faktor lingkungan dan keturunan. Reaksi eksim lebih sering terjadi pada orang yang keluarganya memiliki riwayat penyakit itu.

Masalah genetik yang menyebabkan dyshidrosis termasuk pewarisan resesif autosom di mana satu gen bertanggung jawab atas kondisi seseorang. Di sisi lain, pewarisan poligenik terjadi ketika gen yang berbeda terlibat.

Pengobatan Dyshidrosis - Dapatkah Anda Menggunakan Pengobatan Alami? tangan yang berkeringat berlebihan

Kondisi lain yang dapat menyebabkan dyshidrosis adalah seborrhea, kista sebaceous, dermatitis atopik, dan psoriasis parah. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati infeksi dapat menyebabkan kondisi tersebut, serta jenis steroid dan antibiotik tertentu.

Orang yang menderita kondisi kronis ini harus berkonsultasi dengan dokter mereka untuk mendapatkan nasihat tentang pengobatan dyshidrosis. Seorang dokter dapat membantu Anda menentukan tindakan terbaik untuk Anda. Mereka mungkin merekomendasikan operasi atau krim atau salep steroid. Ada juga obat resep dan beberapa pengobatan rumahan yang mungkin berhasil untuk beberapa orang.

Metode pengobatan yang digunakan dokter termasuk pembedahan. Operasi laser, ablasi frekuensi radio, dan kauterisasi frekuensi radio adalah beberapa di antara pilihan bedah. Dalam beberapa kasus, ahli bedah dapat merekomendasikan bentuk operasi laser untuk menghilangkan kelenjar keringat sepenuhnya. Beberapa dokter akan melakukan pengobatan oral.

Krim steroid dan salep yang mengandung kortikosteroid terkadang digunakan untuk mengontrol gejala. Kadang-kadang, obat oral dapat diresepkan untuk menekan sistem kekebalan dan menghilangkan rasa gatal dan iritasi. Kortikosteroid digunakan bersama dengan perawatan bedah atau topikal untuk mengurangi keringat berlebih.

Kortikosteroid dan salep yang mengandung hidrokortison sering digunakan dalam waktu singkat. Setelah obat ditarik, pasien diberikan krim atau salep steroid yang berbeda. Kebanyakan krim dan salep steroid bekerja untuk jangka waktu tertentu. Orang mungkin juga perlu menggunakan deodoran atau antiperspiran untuk mengontrol keringat. Jika mereka berhenti minum obat, keringat kemungkinan akan kembali.

Ada beberapa pengobatan rumahan juga. Pengobatan rumahan yang umum termasuk menggunakan salep khusus yang mengandung seng oksida. Ini dapat diterapkan ke area yang terkena untuk mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan.

Ada juga beberapa pengobatan alami yang dipilih beberapa orang untuk dicoba. Banyak orang menemukan bahwa pengobatan herbal dan makanan tertentu dapat membantu meringankan gejalanya. Namun, perawatan alami ini tidak direkomendasikan oleh ahli medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *