Penyakit periodontal

Glossitis adalah peradangan pada gusi.

Penyakit periodontal Saat bakteri tumbuh

Kondisi ini terjadi ketika lapisan dalam dan luar gigi meradang atau menebal dengan partikel makanan dan benda asing lainnya. Kondisi ini biasanya menyebabkan gusi membengkak, berubah warna menjadi kekuningan, dan perubahan penampilan di permukaan.

Gusi adalah jaringan pelindung lembut di mulut yang membantu Anda mengunyah makanan dan minuman dengan baik. Gusi juga bertanggung jawab untuk melindungi struktur gigi Anda. Ini juga mencegah bakteri menginfeksi mulut Anda. Gusi terdiri dari dua jenis jaringan; dentin dan periodonsium.

Dentin terdiri dari tiga jenis protein yang melindungi enamel, memberi nutrisi pada enamel, dan bertindak sebagai saluran untuk kelembapan, makanan dan bakteri. Protein ini tersusun dari rantai asam amino yang disebut tRNA. Saat bakteri tumbuh di lapisan luar gigi, akhirnya merusak protein ini dan menyebabkan peradangan.

Saat bakteri menyebar ke seluruh mulut, itu menyebabkan penyakit periodontal dan menyebabkan peradangan pada gusi. Jika tidak segera ditangani, hal ini akan mengakibatkan pendarahan dan pembengkakan, yang bisa menimbulkan rasa nyeri dan membuat sulit makan. Kondisi ini juga bisa menyebabkan penyakit gusi jika tidak ditangani dengan baik.

Peradangan terjadi jika ada terlalu banyak partikel makanan, bakteri, air liur, atau makanan yang tersisa setelah Anda makan. Jika Anda tidak menyikat gigi dengan benar, hal itu akan menyebabkan penumpukan bakteri dan plak pada gigi. Saat bakteri menyebar ke gusi, hal itu menyebabkan peradangan dan nyeri.

Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit gusi dan tidak ada pengobatan khusus yang tersedia saat ini. Perawatan yang telah disetujui oleh FDA untuk mengurangi peradangan termasuk antiseptik, obat antibakteri, dan kortikosteroid. Namun, tidak ada bukti bahwa perawatan ini memiliki efek jangka panjang pada penyakit gusi.

Penyakit periodontal Jika gusi

Anda dapat mencoba mencegah terjadinya peradangan dengan menyikat dan membersihkan gigi dengan benar serta tindakan alami lainnya.

Jika gusi Anda terinfeksi penyakit gusi dan jika Anda tidak mengunjungi dokter gigi secara rutin, sebaiknya Anda mendapatkan rekomendasi dari penyedia perawatan gigi. Mereka dapat melakukan tes yang dapat menentukan apakah Anda menderita penyakit gusi.

Tujuan utama pengobatan adalah pencegahan penyakit gusi dengan menjaga kebersihan mulut yang baik. Anda juga bisa menggunakan pelindung gusi, yang membantu mengurangi peradangan. peradangan di mulut Anda.

Cara yang baik untuk menghentikan peradangan adalah dengan menjaga rutinitas kebersihan mulut yang baik. Rutinitas kebersihan mulut yang baik adalah proses menyikat, flossing, dan mengunjungi dokter gigi Anda untuk pemeriksaan rutin. Anda harus menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan gigi dengan benang sekali sehari dan mengunjungi dokter gigi untuk pembersihan setidaknya dua kali setahun.

Program kebersihan mulut yang baik harus mencakup menyikat gigi secara menyeluruh menggunakan sikat setidaknya dua kali sehari. Ini akan menghilangkan plak dan partikel makanan yang menumpuk di gigi dan gusi. Menyikat dan membersihkan gigi dengan benang akan menghilangkan karang gigi yang bisa disebabkan oleh partikel makanan yang tertinggal oleh makanan yang telah Anda konsumsi atau makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

Pelindung gusi juga digunakan untuk melindungi gusi Anda dari peradangan dan mempercepat penyembuhan. Sebagian besar produk ini tersedia di toko obat dan aman serta murah.

Obat antiradang seperti indometasin tersedia tanpa resep dan dapat membantu mengurangi peradangan. Namun, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi antiradang.

Penyakit periodontal merupakan kondisi kronis dan dapat menyebabkan penyakit periodontal jika tidak ditangani. Jika Anda memiliki gejala seperti kemerahan, bengkak, berdarah atau luka terbuka, penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi Anda. Penyakit periodontal adalah penyebab umum peradangan dan radang gusi. Untuk mencegah radang gusi, kebersihan mulut yang tepat harus dijaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *