Rotator Cuff Tendinitis – Penyebab Dan Pencegahan

Tendinitis rotator cuff adalah salah satu penyebab paling umum dari nyeri bahu, dan seringkali disebabkan oleh otot atau tendon yang lemah atau kencang di area tersebut.

Rotator Cuff Tendinitis - Penyebab Dan Pencegahan ditarik terlalu

Cedera pada rotator cuff biasanya disebabkan oleh gerakan berulang yang membuat tendon robek. Gerakan-gerakan ini dapat dilakukan oleh tubuh manusia atau dengan perangkat mekanis.

Penyebab paling umum dari nyeri bahu yang berhubungan dengan rotator cuff tendinitis adalah tendinitis dari rotators. Otot-otot yang membentuk tendon lengan bawah dan bahu menempel pada bola (tennis elbow) yang dikenal sebagai adduktor. Saat tendon bola ini meradang atau teriritasi, mereka menjadi meradang dan bengkak, menimbulkan rasa sakit. Gejala tendonitis rotator biasanya meliputi nyeri di sepanjang skapula luar, leher, punggung, dan pinggul.

Anatomi manset rotator terdiri dari tiga otot kecil, semimembranosus, infraspinatus, dan subscapularis. Otot dipersarafi di kedua sisi sendi dan sejajar dengan tulang. Karena struktur ini, mereka digunakan bersama dengan stabilisator bahu lainnya, yaitu trapezius dan infraspinatus. Ada total enam otot, yang semuanya bekerja bersama untuk menstabilkan sendi bahu.

Penggunaan yang berlebihan sering kali dapat menyebabkan masalah pada tendon rotator cuff, menyebabkan kondisi yang menyakitkan, termasuk tendinitis pada rotator. Nyeri ini mungkin terkait dengan rotator cuff yang kencang atau cedera, tetapi juga dapat muncul jika tendon otot-otot ini meradang karena usia, cedera, atau penggunaan berlebihan. Penggunaan yang berlebihan juga dapat menyebabkan bursitis, yang terjadi ketika lapisan bursa di sekitar tendon menjadi kental dan berisi cairan serta dapat menyebabkan nyeri saat tendon ditekan atau diperas.

Untuk mengobati atau mencegah timbulnya tendonitis rotator cuff, penting untuk menentukan penyebab sebenarnya. Secara umum diyakini bahwa robekan pada tendon terjadi ketika tendon direntangkan dan ditarik terlalu kuat.

Rotator Cuff Tendinitis - Penyebab Dan Pencegahan yang menyakitkan

Dengan memperkuat otot lengan bawah dan bahu untuk mengurangi tekanan pada tendon, Anda dapat mengurangi atau mencegah terjadinya cedera akibat penggunaan berlebihan. atau nyeri. Jika Anda mengalami nyeri, penting untuk mencari pertolongan medis untuk memastikan bahwa cedera tersebut tidak memerlukan perawatan lebih lanjut.

Cara termudah untuk menentukan apakah bahu Anda mengalami cedera atau penggunaan berlebihan adalah dengan mengamati rasa sakit Anda dan cara Anda menggerakkannya. Jika terlihat jelas bahwa bahu Anda sakit, segera cari bantuan. Cara terbaik untuk menentukan apakah nyeri disebabkan oleh cedera akibat penggunaan berlebihan atau tidak adalah dengan meminta rujukan ke dokter. Ini memungkinkan Anda untuk berbicara dengan seseorang yang memiliki pengalaman menangani masalah Anda sehingga Anda tahu apa yang diharapkan.

Jika Anda dapat mengidentifikasi penyebab pasti dari rasa sakit Anda, ada banyak cara untuk menangani kondisi tersebut dan menghindari cedera atau nyeri lebih lanjut di bahu Anda. Anda dapat melakukannya dengan melakukan peregangan atau aktivitas harian yang memperkuat otot-otot di sekitar bahu Anda. Anda juga bisa mengenakan lengan kompresi atau bahkan menggunakan penjepit khusus untuk menjaga otot bahu Anda tetap di tempatnya. Pilihan lainnya adalah terapi fisik, yang mungkin termasuk terapi fisik untuk senam bahu yang dapat membantu Anda memperkuat otot di bahu dengan memperkuat tendon, ligamen, dan tendon pendukung.

Tendonitis rotator cuff bisa menjadi kondisi yang menyakitkan, tetapi ini adalah salah satu yang dapat diobati. Untuk mencegah cedera atau rasa sakit lebih lanjut, penting untuk didiagnosis sesegera mungkin dan segera memulai proses perawatan. Ingatlah untuk selalu mencari pertolongan medis untuk cedera bahu Anda karena hal ini akan memastikan bahwa cedera tersebut tidak menjadi masalah yang lebih besar dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *